Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 22:39 WIB | Minggu, 13 Juli 2014

Ian Thorpe Mengatakan Dirinya Gay

Ian Thorpe. (Foto: bbc.com)

AUSTRALIA, SATUHARAPAN.COM - Ian Thorpe juara renang lima kali Olimpiade asal Australia mengakui dirinya gay setelah beberapa tahun sebelumnya ditutupinya.

Dalam sebuah wawancara dengan televisi Australia,  Thorpe yang kini 31 tahun mengatakan kepada wartawan Inggris Sir Michael Parkinson di Channel 10 bahwa setelah lama memikirkannya akhirnya dia berani berkata jujur.

”Saya telah memikirkan hal ini untuk waktu yang lama, aku tidak berterus terang..,” kata Ian Thorpe dikutip BBC pada Minggu (13/7). 

Sebelumnya dia membantah dirinya memiliki orientasi seksual berbeda di otobiografinya 'This Is Me' yang diterbitkan pada 2012. 

Beberapa waktu Thorpe menderita depresi dan sempat direhabilitasi awal tahun ini akibat kecanduan alkohol.

Dalam sebuah wawancara yang emosional, Thorpe mengatakan ia merasa nyaman dalam dua minggu terakhir setelah berbicara secara terbuka kepada teman dekatnya tentang seksualitasnya. 

"Aku ingin (terbuka) tapi aku tidak bisa, aku tidak ingin merasa seolah-olah aku bisa," katanya. 

"Apa yang terjadi adalah saya merasa kebohongan telah menjadi begitu besar dan saya tidak ingin orang-orang mempertanyakan integritas saya." 

Keputusan Thorpe itu didukung oleh sesama perenang Olimpiade Stephanie Rice dengan mentweeted: "Thorpie adalah, dan akan selalu, menjadi superstar di mata saya." 

Thorpe juga menceritakan bahwa di waktu-waktu lalu "depresi melumpuhkannya", pikiran untuk bunuh diri, dan kecanduan alkohol. 

Februari lalu, dia ditemukan polisi dalam keadaan kebingungan di dekat rumah orang tuanya di Sydney. 

Saat usianya 16 tahun, Thorpe memenangkan 400m gaya bebas di Kejuaraan Renang Dunia 1998 menjadikannya juara dunia termuda.

Debut Olimpiadenya di Sydney pada tahun 2000, dengan memenangkan tiga medali emas lalu dua lagi di Athena.

Ian Thorpe mundur dari renang pada tahun 2006, mencoba comeback namun gagal saat Olimpiade 2012 di London.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home