Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 09:42 WIB | Jumat, 12 Februari 2021

Ilmuwan Desak Pemerintah Kolombia Ambil Tindakan pada Kuda Nil Escobar

Satwa asal Afrika itu merupakan koleksi mantan gembong narkotika Kolombia, Pablo Escobar yang diimpor secara ilegal.
Ilmuwan Desak Pemerintah Kolombia Ambil Tindakan pada Kuda Nil Escobar
Kuda nil berendam di danau di Taman Hacienda Napoles di Puerto Triunfo, Kolombia. (Foto: dok. AP)
Ilmuwan Desak Pemerintah Kolombia Ambil Tindakan pada Kuda Nil Escobar
Kuda nil di danau di Taman Hacienda Napoles di Puerto Triunfo, Kolombia. (Foto: Reuters)

SATUHARAPAN.COM-Para ilmuwan mendesak pemerintah Kolombia untuk mengambil tindakan terhadap populasi Hippopotami (kuda nil) milik mantan gembong narkotika, Pablo Escobar, yang tumbuh cepat dan liar, menurut laporan media Inggris, The Guardian. Hewan-hewan tersebut diduga mengancam keanekaragaman hayati daerah tersebut, dan membahayakan penduduk di sekitarnya.

Perkebunan pribadi raja obat bius terkenalitu  adalah rumah bagi banyak koleksi hewan yang meliputi, jerapah, burung unta, gajah, dan kanguru. Diimpor secara ilegal ke negara itu oleh Escobar, mereka ditempatkan di benteng hacienda miliknya.

Escobar mendirikan kerajaan kokain terbesar di dunia, pada 1980-an. Dia dibunuh oleh polisi pada tahun 1993. Escobar meninggalkan ratusan hewan untuk mati atau berkembang biak dalam jumlah besar.

Mereka ditinggalkan karena alasan biaya pemeliharaan, dan kuda nil Escobar bebas berkeliaran. The Guardian melaporkan bahwa biaya di balik masalah logistik yang terkait dengan pengangkutan hewan dan kekerasan yang melanda daerah tersebut setelah kematian Escobar adalah alasan utama di balik pengabaian hewan-hewan itu.

Tumbuh Pesat

Pemerintah sebelumnya mencoba untuk mengontrol reproduksi mereka, tetapi tidak berdampak apa-apa dengan populasi yang terus bertambah. Delapan tahun terakhir telah melihat jumlah kuda nil tumbuh dari 35 ekor menjadi sekitar 65 ekor, dan hingga 80 di beberapa daerah sekitar Puerto Triunfo, menurut The Guardian.

Sekelompok ilmuwan menerbitkan sebuah penelitian yang menguraikan ancaman yang dapat ditimbulkan kuda nil terhadap manusia, dan keanekaragaman hayati daerah tersebut.

 “Saya percaya bahwa ini adalah salah satu tantangan terbesar dari spesies invasif di dunia,” kata Nataly Castelblanco-Martinez, seorang ahli ekologi di Universitas Quintana Roo di Meksiko, dan penulis utama studi kelompok hewan, lapor The Guardian.

Studi universitas menemukan bahwa jika program pemusnahan tidak diperkenalkan sekarang, populasi spesimen semi-akuatik berpotensi tumbuh menjadi sekitar 1.500 ekor dalam 14 tahun ke depan. Ini akan membahayakan keselamatan warga negara.

Tahun lalu, seorang petani dikejar dan terluka parah oleh salah satu kuda nil, kata penelitian tersebut. “Semua orang bertanya, 'Mengapa ini terjadi?' Bayangkan sebuah kota berpenduduk 50 orang dan Anda melakukan vasektomi pada satu pria dan dalam dua tahun pada pria lain, jelas, itu tidak akan mengontrol reproduksi seluruh penduduk,” Kata Castelblanco-Martinez.

Temuan lain dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa lonjakan jumlah kuda nil di wilayah tersebut akan menggantikan beberapa populasi hewan asli, seperti manate Antillean. Universitas California di San Diego menemukan bahwa kuda nil dapat mengubah kualitas air di area tempat mereka menghabiskan banyak waktu.

Namun pemusnahan hewan-hewan ini belum mendapat banyak persetujuan publik karena mereka telah tumbuh untuk mencintai kuda nil selama bertahun-tahun. “Komunitas mengawasi kami untuk memastikan bahwa kami sedang mensterilkan dan tidak melakukan hal lain… Mereka menyukainya,” dokter hewan lokal Gina Serna-Trujillo, yang telah melakukan beberapa sterilisasi kuda nil sendiri, katanya kepada media Inggris, The Independent.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home