Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:39 WIB | Jumat, 25 Desember 2020

Imigran Myanmar Jadi Sasaran Ujaran Kebencian di Medsos Thailand

Mereka dipersalahkan dalam penyebaran COVID-19 dari pasar makanan laut dekat Bangkok.
Pekerja migran Myanmar memilah udang di pasar grosir untuk udang dan makanan laut lainnya di Mahachai, di Provinsi Samut Sakhon. (Foto: dok. Reuters)

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM- “Di mana pun Anda melihat orang Myanmar, tembak mereka,” demikian bunyi komentar orang Thailand di YouTube setelah lonjakan kasus virus corona di antara pekerja dari Myanmar.

Wabah itu, pertama kali terdeteksi di pasar makanan laut dekat Bangkok, telah memicu gejolak dalam ujaran kebencian online serta pertanyaan tentang perlakuan jutaan pekerja migran di Thailand yang secara tradisional toleran.

“Orang Myanmar dicap karena menularkan COVID-19, tetapi virusnya tidak mendiskriminasi,” kata Sompong Srakaew dari Jaringan Perlindungan Tenaga Kerja, sebuah kelompok Thailand yang membantu pekerja migran.

Pergeseran sentimen memiliki konsekuensi nyata, katanya, dengan pekerja dari Myanmar, yang sebelumnya dikenal sebagai Burma, diblokir dari bus, ojek, dan kantor.

Salah satu dari banyak komentar menghasut di media sosial yang dilihat oleh Reuters menyerukan agar pekerja migran yang terinfeksi tetap tidak dirawat dan hukuman bagi orang-orang yang membawa mereka ke Thailand.

Retorika ini mencerminkan pola global sejak dimulainya pandemi pada orang asing yang disalahkan karena menyebarkan virus.

Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha, pekan ini mengatakan imigrasi ilegal berada di belakang wabah di negara yang telah mengendalikan COVID-19, meskipun satuan tugas virus Thailand meminta simpati bagi para imigran.

Kelompok Pemantauan Media Sosial independen untuk Perdamaian mengatakan kepada Reuters bahwa mereka menemukan ratusan komentar yang diklasifikasikan sebagai ujaran kebencian di YouTube, Facebook dan Twitter.

“Komentar tersebut termasuk bahasa rasis yang ditujukan untuk memicu diskriminasi dan mempromosikan nasionalisme,” kata Saijai Liangpunsakul dari kelompok tersebut. “Kami khawatir bahwa diskriminasi online dapat berubah menjadi diskriminasi lebih lanjut dan bahkan mengarah pada kekerasan di dunia nyata.”

Facebook Hapus Postingan

Setelah Reuters menandai beberapa postingan, Facebook mengatakan telah menghapus beberapa postingan karena melanggar kebijakan ujaran kebencian.

“Kami tahu bahwa ujaran kebencian yang ditujukan kepada komunitas rentan bisa menjadi yang paling berbahaya,” kata juru bicara Facebook, yang mengatakan bahwa teknologinya mendeteksi 95% perkataan yang mendorong kebencian.

Facebook mendapat kecaman keras atas peran yang dimainkannya dalam menyebarkan ujaran kebencian yang memicu kekerasan terhadap Muslim Rohingya di Myanmar pada tahun 2017, dan sejak itu berinvestasi dalam sistem yang dapat dengan cepat mendeteksi dan menghapus konten semacam itu.

Twitter mengatakan sedang menyelidiki masalah tersebut. YouTube tidak menanggapi permintaan komentar.

Namun tidak semua lalu lintas media sosial negatif, dengan beberapa warga Thailand membela pekerja Myanmar. Juru bicara pemerintah di Thailand dan Myanmar belum menanggapi permintaan komentar tentang ujaran kebencian.

1.300 Terinfeksi

Wabah itu pertama kali terdeteksi pekan lalu di pasar udang di Samut Sakhon, hampir 35 kilometer dari pusat Bangkok. Sejak itu, hampir 1.300 infeksi yang terkait dengan pasar telah ditemukan, sementara ribuan orang telah dikarantina.

“Kami merasa sangat sedih karena kami para pekerja Myanmar disalahkan,” kata Nay Lin Thu, seorang pekerja berusia 35 tahun dari Myanmar yang sekarang menjadi sukarelawan untuk membantu orang lain.

“Kami diberitahu “ini terjadi karena kamu Myanmar'. Sebagian besar kami tidak menanggapi, tetapi beberapa dari kami tidak dapat menahan amarah."

Secara resmi, Thailand memiliki hampir 1,6 juta pekerja dari Myanmar, hampir dua pertiga dari semua pekerja migran, tetapi angka sebenarnya lebih tinggi, karena adanya imigrasi ilegal. Kebanyakan migran adalah buruh atau bekerja di industri jasa.

“Orang Thailand tidak akan mengambil pekerjaan yang mereka lakukan,” kata Taweesin Wisanuyothin, dari gugus tugas COVID-19 Thailand saat dia memohon toleransi dalam siaran televisi. "Hari ini mereka adalah keluarga kita... Baik orang Myanmar maupun Thailand adalah penganut Buddha."

Mengungkit Sejarah

Thailand secara tradisional dipandang toleran terhadap orang asing, tetapi permusuhan bersejarah telah dihidupkan kembali di media sosial dengan referensi penghancuran abad ke-18 oleh pasukan Burma di Ayutthaya, ibu kota yang kemudian dikenal sebagai Siam.

Myanmar telah menderita wabah virus corona yang jauh lebih parah, dengan lebih dari 2.500 orang meninggal dari hampir 120.000 kasus yang dikonfirmasi dibandingkan dengan 60 kematian dari lebih dari 5.800 kasus di Thailand.

Namun bagaimana kasus baru itu muncul di Thailand belum jelas. Wabah serupa di antara pekerja migran yang tinggal berdekatan di Malaysia dan Singapura menunjukkan bagaimana virus dapat menyebar tanpa terdeteksi di antara orang muda sehat yang hanya menunjukkan sedikit gejala. Ini pertama kali terdeteksi pada perempuan berusia 67 tahun.

Meskipun Thailand melaporkan sedikit penularan lokal dalam beberapa bulan terakhir, Myanmar telah mendeteksi kasus pada warga yang kembali dari Thailand.

“Penilaian kami adalah bahwa operator diam-diam telah hadir di Thailand,” kata Sein Htay dari Jaringan Hak Pekerja Migran yang berbasis di Yangon. "Kondisi kehidupan pekerja Myanmar sulit untuk jarak sosial dengan tiga atau empat orang dalam satu kamar."

Terlepas dari tuduhan terhadap pekerja Myanmar yang melintasi perbatasan secara ilegal, orang Thailand juga melakukannya.

Ketakutan terhadap virus corona sebelumnya terjadi ketika beberapa perempuan Thailand kembali ke rumah, beberapa menggunakan penyeberangan perbatasan ilegal, setelah terjadi wabah di tempat kehidupan malam tempat mereka bekerja di Myanmar. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home