Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 12:15 WIB | Sabtu, 05 Januari 2019

Imigrasi Jadi Keprihatinan Utama Orang AS Tahun 2019

Ilustrasi. Imigran Haiti dan Somalia di Amerika Serikat, berisiko terancam deportasi. (Foto: Atlanta BlackStar/Guillermo Arias/AFP/Getty Images)

AMERIKA SERIKAT, SATUHARAPAN.COM – Sementara sebagian besar Pemerintah Amerika masih tutup atau shutdown karena Presiden Donald Trump bersikeras meminta dana pembangunan tembok perbatasan, hampir separuh orang Amerika menyatakan imigrasi sebagai masalah utama yang harus diatasi pemerintah tahun ini.

Jajak pendapat yang dilakukan Kantor Berita Associated Press-NORC Center for Public Affairs sesaat sebelum shutdown terjadi, mendapati, Partai Republik maupun Demokrat jauh lebih mungkin memasukkan imigrasi dalam daftar masalah utama yang dihadapi Amerika tahun ini dibandingkan pada tahun lalu.

Secara keseluruhan, 49 persen menyebut imigrasi dalam pertanyaan terbuka sebagai satu dari lima masalah utama yang mereka harapkan diatasi pemerintah tahun ini. Pada Desember 2017, 27 persen menyebut imigrasi.

Perpecahan terjadi mengenai solusi terbaik. Partai Republik tetap lebih cenderung mengutip imigrasi sebagai isu utama daripada Demokrat, indikasi intensitas GOP yang lebih besar dalam masalah itu. Tetapi, itu menjadi masalah yang semakin penting bagi anggota kedua partai.

Jajak pendapat mendapati, 65 persen anggota Partai Republik mengatakan imigrasi adalah satu dari lima masalah utama yang dihadapi Amerika, naik dari 42 persen pada tahun 2017. Di kalangan anggota Demokrat, 37 persen mengutip imigrasi sebagai masalah utama, dibandingkan hanya 2 persen pada 10 tahun lalu.

Ekonomi tetap menjadi prioritas utama bagi orang Amerika, dengan 62 persen mengutip masalah terkait, termasuk pekerjaan, pengangguran, pajak, dan perdagangan. (Voaindonesia.com)

TOA
Bank Central Asia
Zuri Hotel
Back to Home