Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 12:11 WIB | Senin, 11 Maret 2019

India Gelar Pemilu Mulai 11 April 2019

PM India Narendra Modi berpidato dalam kampanye di Changchari, pinggiran Gauhati, India (foto: dok).

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM - Pemilihan umum akan diadakan mulai tanggal 11 April untuk menentukan apakah Perdana Menteri Narendra Modi yang menang besar lima tahun lalu, bisa mendapat masa jabatan kedua.

Kira-kira 900 juta warga India terdaftar untuk memilih 543 anggota majelis rendah. Pemilihan bertahap yang akan diadakan selama lima minggu itu akan berakhir tanggal 19 Mei.

Kelompok Nasionalis Hindu pimpinan Modi akan berhadapan dengan partai Kongres yang beroposisi dan sejumlah partai regional, yang sebagian telah membentuk koalisi untuk menantang Modi.

Kendati masalah ekonomi, seperti pengangguran dan kesulitan yang dihadapi petani telah mendominasi diskusi politik, terorisme dan keamanan nasional kini muncul sebagai isu utama, setelah terjadinya bentrokan antara India dan Pakistan di Kashmir.

Survei-survei pendapat umum menunjukkan popularitas Modi meningkat setelah ia memerintahkan serangan udara atas Pakistan untuk menyasar kamp kelompok militan setelah terjadinya serangan bunuh diri di Kashmir bagian India. (VOA)

 

Editor : Melki Pangaribuan

Back to Home