Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 18:29 WIB | Kamis, 01 November 2018

India Punya Patung Sardar Vallabhbhai Patel Kalahkan Liberty

Kepala patung Sardar Vallabhbhai Patel, salah seorang "founding fathers" India di Gujarat. (Foto: VOA/AFP)

GUJARAT, SATUHARAPAN.COM - India hari Rabu (31/10) merayakan peresmian sebuah patung yang menjulang tinggi dari salah satu tokoh kemerdekaan penting negara itu.

Perdana Menteri Narendra Modi berada di negara bagian asalnya, Gujarat, untuk peresmian “Patung Persatuan,” yang menggambarkan Sardar Vallabhbhai Patel yang tingginya 182 meter, hampir dua kali tinggi Patung Liberty di New York, sehingga menjadikannya patung tertinggi di dunia.

Upacara peresmian itu termasuk peragaan terbang lintas pesawat militer yang menghujani patung itu dengan bunga dan pertunjukan kembang api berwarna-warni.

Perdana Menteri Modi adalah tokoh pendorong di balik pembangunan patung perunggu seharga $400 juta yang menghadap ke sungai Narmada itu.

Patel telah dipuji karena menyatukan negara-negara bagian India pada tahun-tahun setelah India memperoleh kemerdekaan pada tahun 1947, ketika ia menjabat sebagai menteri dalam negeri pertama di negara itu. Tetapi Modi dan para nasionalis lainnya mengatakan bahwa Patel dan tokoh-tokoh sejarah lainnya telah dibayangi oleh para pahlawan dari dinasti Nehru-Gandhi yang telah lama mendominasi politik India.

"Statue of Unity" atau Patung Persatuan India yang menggambarkan tokoh Sardar Vallabhbhai Patel di Gujarat, India.

“Statue of Unity" atau Patung Persatuan India yang menggambarkan tokoh Sardar Vallabhbhai Patel di Gujarat, India. (VOA)

 

Editor : Melki Pangaribuan

Back to Home