Loading...
INDONESIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 11:51 WIB | Senin, 27 April 2015

Indonesia Bantu Satu Juta Dolar Untuk Nepal

Warga membawa tubuh korban pada tandu, yang terjebak dalam puing-puing setelah hantaman gempa, di Kathmandu, Nepal, Sabtu (25/4). (Foto: Reuters)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Indonesia akan memberikan bantuan sebesar USD 1 juta (Rp 12 miliar) untuk Nepal yang mengalami bencana alam gempa bumi 7,8 skala richter pada Sabtu (25/4).

"Dalam rangka membantu Nepal kita akan Mengirim Tim SAR dan juga membantu satu juta dolar AS," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Senin (27/4).

Wapres mengatakan, bantuan tersebut akan segera dikirimkan ke negara yang terletak di Asia Selatan itu.

Akibat gempa bumi dangkal tersebut dilaporkan lebih dari 2000 orang meninggal dunia dan masih banyak yang belum diketahui keberadaannya.

Kementerian Luar Negeri RI terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan KBRI Dhaka, Konsul Kehormatan RI di Kathmandu, serta berbagai pihak terkait informasi sehubungan WNI di Nepal.

Saat ini ada sekitar 34 WNI yang sedang berada di Nepal, terdiri dari 18 orang yang menetap dan sekitar 16 WNI yang tercatat sedang melakukan kunjungan baik sebagai turis maupun kegiatan resmi.

Dari jumlah tersebut, sekitar 17 orang telah berhasil dihubungi dan dalam keadaan baik.

Situasi yang saat ini terjadi di Nepal menyebabkan jaringan komunikasi tidak stabil dan sulit untuk melakukan kontak.

Bagi masyarakat yang memiliki keluarga atau teman yang berada di Nepal diminta dapat menyampaikan informasi kepada Hernawan Bagaskoro Abid dari Direktorat Perlindungan WNI dan BHI, Kementerian Luar Negeri, melalui telepon (021) 3813186 atau +6281284794696. (Ant)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home