Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 14:37 WIB | Selasa, 16 September 2014

Indonesia Cukur Timor Leste 7-0 di Asian Games 2014

Tim nasional Indonesia U-23 yang berlaga di Asian Games 2014, Incheon, Korea Selatan. Dari kiri: (berdiri) Syakir Sulaiman, Aldaier Makatindu, Alfin Ismail Tuasalamony, Victor Chukwuekezie Igbonefo, Andritany Ardhiyasa, Dedi Kusnandar, (bawah) Manahati Lestusen, Rizki Ramdani Lestaluhu, Rasyid Assahid Bakri, Bayu Gatra Sanggiawan, Dany Saputra. (Foto: pssi.org)

INCHEON, SATUHARAPAN.COM – Tim nasional Indonesia dibawah usia 23 tahun (U-23) dibawah asuhan Aji Santoso pesta gol 7-0 ke gawang Timor Leste pada pertandingan perdana cabang sepak bola Grup E Asian Games 2014 di Stadion Goyang, Incheon, Korea Selatan, Senin (15/9).

Berdasarkan data tim media Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Ferdinand Alfred Sinaga bisa dikatakan sebagai bintang lapangan karena mampu mengemas empat gol. Pemain klub Persib Bandung ini mampu menciptakan gol dengan mudah pada menit lima, menit sembilan, menit 35, dan menit 83.

Sedangkan tiga gol lainnya dilahirkan oleh Alfin Tuasalamony lewati titik pinalti pada menit 78 setelah salah satu remain Timor Leste handball. Selanjutnya, Novri Setiawan pada menit 81, dan Fandi Eko Utomo menit 86.

Hasil pertandingan pertama ini bisa dikatakan cukup fantastis, karena selama ini Garuda Muda belum maksimal selama menjalani pemusatan latihan. Kemenangan ini bisa dijadikan modal menjalani pertandingan kedua melawan Maladewa (18/9).

Pada pertandingan melawan Timor Leste, Garuda Muda bermain dengan tenang. Formasi serangan dimotori oleh Ramdani Lestaluhu dilini tengah berjalan dengan baik. Apalagi ditopang oleh Bayu Gatra yang memiliki kecepatan.

Peran Bayu Gatra terlihat cukup dominan setelah terlibat dalam tercitpanya gol pertama lewat Ferdinand Sinaga. Umpan terukur pemain Putra Samarinda bisa diteruskan dengan baik termasuk menjadi arsitek terciptanya gol kedua.

Timor Leste sebenarnya juga mendapatkan banyak peluang untuk menciptakan gol. Hanya saja solidnya pertahanan Garuda Muda yang dimotori oleh Victor Igbonefo mampu menahan gempuran dari Santos Fernandez cs.

Mampu unggul cepat 2-0, anak asuh Aji Santoso tidak mengendurkan tekanan. Kombinasi yang bagus antara pemain muda dan senior akhirnya mampu membuahkan hasil setelah Ferdinand Sinaga mampu mencetak gol ketiganya. Kedudukan 3-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Kedigdayaan tim nasional Indonesia U-23 juga terlihat pada babak kedua. Meski sempat tertekan diawal babak kedua, Andritany dkk mampu lepas dari tekanan. Akhirnya, empat gol tercipta pada paruh waktu kedua dan seluruhnya melalui permainan yang terskema dengan baik.

Dengan kemenangan ini, Timnas Garuda Muda membuka peluang untuk lolos ke babak berikutnya. Hanya saja demi mengamankan posisi harus mampu mengalahkan Maladewa (18/9) dan Thailand (22/9).

Di pertandingan lain, Vietnam mengalahkan Iran 4-1 dan Korea Utara tampil mengesankan dengan mengalahkan Tiongkok 3-0.

Sepak bola adalah kompetisi pertama yang berlangsung di Asian Games 2014 Incheon, Korea Selatan. Asian Games 2014 sendiri akan dibuka dengan pesta pembukaan secara formal pada hari Jumat (19/9).

Skuat Timnas Sepak Bola Indonesia U-23 di Asian Games 2014:

Penjaga gawang: Teguh Amiruddin (1), Andritany Ardhiyasa (12)

Bek: Moch. Zaenuri (2), Dany Saputra (3), Victor Chukwuekezie Igbonefo (4), Manahati Lestusen (13), Achmad Jufriyanto (15), Syaiful Indra Cahya (16), Alfin Ismail Tuasalamony (26)

Gelandang: Rizki Ramdani Lestaluhu (7), Fandi Eko Utomo (8), Syakir Sulaiman (9), Dedi Kusnandar (11), Rasyid Assahid Bakri (14), Rizky Ahmad Sanjaya Pellu (18), Novri Setiawan (20), Bayu Gatra Sanggiawan (23)

Penyerang: Yandi Sofyan Munawar (10), Ferdinand Sinaga (17), Aldaier Makatindu (25) (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home