Google+
Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 10:47 WIB | Jumat, 08 Juni 2018

Indonesia, Malaysia, Filipina Akan Latihan Militer Bersama

Ilustrasi. Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu (kanan). (Foto: dok.satuharapan .com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, mengungkapkan, Indonesia akan kembali menggelar latihan bersama trilateral dengan Filipina dan Malaysia di wilayah perbatasan ketiga negara setelah Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, dengan melibatkan TNI AD untuk mengantisipasi gerakan terorisme.

Dia mengatakan, prajurit yang terlibat dalam latihan gabungan nanti tidak hanya berasal dari pasukan elit TNI, namun seluruh pasukan TNI AD.

"Tidak juga (pasukan elit). Maritim khan sudah yang laut, udara juga walaupun yang pakai pesawat pakai drone sama saja. Darat belum, karena darat itu sangat menentukan jadi kita lokalisir," kata mantan kepala staf TNI AD itu di Jakarta, Jumat (8/6).

Menurut Ryamizard, latihan itu sudah disepakati dan disetujui kedua negara, yang akan dilaksanakan di Kalimantan. Mengenai mekanisme latihan sendiri masih perlu penyesuaian.

"Mereka tentara sudah jadi (terlatih). Jadi kita menyamakan saja," ucapnya.

Ia menyatakan, latihan gabungan ini penting untuk mencegah meluasnya aksi terorisme.

"Kita harus hentikan teroris agar tidak menyebar. Itu kemarin ke sini ngebom. Dua tahun lalu kegiatan mereka enggak begitu, sekarang meluas dari Sabang sampai Merauke," ujarnya. (Antara)

 

 

Back to Home