Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 12:26 WIB | Minggu, 05 Juli 2015

Indonesia Tak akan Bernasib Gagal Bayar Seperti Yunani

Ilustrasi: Arif Budimanta (kemeja putih) memegang buku saat menjadi pemateri pada diskusi di Warung Daun, Jakarta. (Foto: Dok. satuharapan.com/ Elvis Sendouw).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Perekonomian Indonesia dinilai tidak akan bernasib sama seperti Yunani yang saat ini mengalami kebangkrutan dan mendapatkan status "default" atau gagal bayar utang dari berbagai lembaga keuangan multilateral seperti Dana Moneter Internasional (IMF).

"Indonesia tak akan bangkrut seperti Yunani," kata Staf Khusus Kementerian Keuangan Arif Budimanta dalam diskusi yang digelar Humas MPR  di Jakarta, Sabtu (4/7).

Arif yang merupakan mantan Anggota MPR/DPR dari Fraksi PDIP itu membandingkan utang Yunani yang sudah mencapai 200 persen lebih, sedang utang Indonesia masih 25 persen.  Selain itu, ujar dia, defisit fiskal Yunani mencapai 60 persen, sedang Indonesia kurang dari 1,9 persen. "Dari sisi pertumbuhan ekonomi kita positif sedang Yunani negatif," kata dia.

Untuk itu, ia mengajak berbagai pihak untuk optimistis dan tidak perlu ada ketakutan apalagi kebijakan pemerintah selama ini diakui pro-rakyat.

Arif mengemukakan, hal tersebut dapat dilihat antara lain dari politik anggaran yang berpihak pada pembangunan desa, di mana anggaran desa naik dari Rp 9,7 triliun tahun sebelumnya menjadi Rp 21 triliun pada 2015. (Ant)

Editor : Bayu Probo

Ikuti berita kami di Facebook


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home