Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 19:21 WIB | Minggu, 01 November 2020

Inggris Berlakukan Penguncian Nasional Selama Sebulan

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson. (Foto: Reuters)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, pada hari Sabtu (31/10) mengumumkan penguncian empat pekan di seluruh Inggris akibat pandemi virus corona. Perubahan dramatis dalam strategi ini menyusul peringatan bahwa rumah sakit akan kewalahan dalam beberapa pekan di bawah sistem pembatasan lokal saat ini.

Di bawah aturan baru yang ketat yang mulai berlaku mulai Kamis (5/11), orang harus tinggal di rumah kecuali dalam kasus di mana pengecualian berlaku, seperti untuk bekerja, pendidikan atau olah raga, sementara semua kecuali toko penting akan tutup.

Berbeda dengan penguncian selama berbulan-bulan di seluruh Inggris awal tahun ini, sekolah, perguruan tinggi dan universitas akan tetap buka. Tetapi pub dan restoran akan tutup kecuali menyajikan makanan untuk dibawa pulang, sementara semua tempat rekreasi dan hiburan serta toko-toko yang tidak penting akan tutup. Pembatasan tersebut direncanakan berakhir pada 2 Desember.

"Sekarang adalah waktu untuk mengambil tindakan karena tidak ada alternatif lain," kata Johnson pada konferensi pers di Downing Street setelah mengadakan rapat Kabinet pada hari sebelumnya untuk menandatangani rencana tersebut.

"Kita harus rendah hati dalam menghadapi alam. Sayangnya, di negara ini, seperti di sebagian besar Eropa, virus menyebar lebih cepat daripada skenario terburuk yang masuk akal dari para penasihat ilmiah kita," tambahnya.

Perdana Menteri Inggris akan menetapkan langkah-langkah baru, yang mencakup perpanjangan skema dukungan keuangan untuk membantu bisnis membayar karyawan yang cuti selama satu bulan tambahan hingga Desember, dan mengajukan ke parlemen pada hari Senin. Anggota parlemen kemudian akan memberikan suara pada hari Rabu.

Fasilitas Perawatan

Respons yang meningkat datang ketika Inggris melampaui satu juta kasus selama pandemi global, setelah mengumumkan hampir 22.000 infeksi baru pada hari Sabtu, dan rawat inap virus naik sebesar 1.239 orang dalam penghitungan harian tertinggi sejak akhir April.

Penasihat ilmiah pemerintah telah memperingatkan bahwa prevalensi COVID-19, yang mengakibatkan rawat inap dan kematian, meningkat lebih cepat daripada prediksi mereka yang paling mengerikan.

Mendampingi Johnson pada pengumuman tersebut, Kepala Petugas Medis, Chris Whitty, mengatakan bahwa di bawah lintasan unit perawatan intensif rumah sakit saat ini dan kapasitas ventilator dapat kewalahan pada awal Desember.

Kepala Penasihat Ilmiah Patrick Vallance mengatakan ada potensi kematian dua kali lebih banyak daripada selama gelombang pertama pandemi.

Inggris menjadi salah satu negara yang paling terpukul di Eropa, dengan total kematian terkait COVID-19 mendekati 47.000 orang. Beberapa negara Eropa dan pemerintah devolusi di Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara telah memberlakukan kembali penguncian sebagian untuk mencoba memangkas suku bunga yang melonjak.

Mengubah Tanggapan

Pemerintah Johnson, yang hanya bertanggung jawab atas kebijakan kesehatan di Inggris, telah menolak langkah tersebut, karena khawatir akan kejatuhan ekonomi. Sebaliknya, ia bertahan dengan sistem respons lokal yang mengandalkan tiga tingkatan peringatan COVID-19.

Hanya pada level tertinggi, yang diberlakukan dalam beberapa pekan terakhir di sejumlah wilayah dan kota di Inggris utara dan tengah, pub dan bar ditutup dan sosialisasi dalam ruangan dilarang.

Bulan lalu, Kelompok Penasihat Ilmiah untuk Keadaan Darurat (SAGE) pemerintah merekomendasikan penguncian "pemutus sirkuit" nasional selama dua pekan selama liburan sekolah setengah semester pekan lalu, tetapi Johnson menolak langkah tersebut.

Johnson membela kebijakan tersebut pada hari Sabtu, menambahkan: "Benar bahwa perjalanan pandemi telah berubah dan adalah benar bahwa pemerintah harus mengubah dan mengatur tanggapannya, dan saya sama sekali tidak meminta maaf untuk itu." (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home