Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 15:31 WIB | Kamis, 31 Juli 2014

Inggris Geser Perolehan Medali Australia

Inggris Geser Perolehan Medali Australia
Atlet loncat indah Inggris, Victoria Vincent yang baru berusia 13 tahun. (Foto-foto: telegraph.co.uk).
Inggris Geser Perolehan Medali Australia
Atlet loncat indah Inggris, Victoria Vincent yang baru berusia 13 tahun.

GLASGOW, SATUHARAPAN.COM – Inggris kembali menggeser Australia di posisi puncak klasemen sementara perolehan medali ajang olah raga negara-negara persemakmuran jajahan Britania Raya, seperti klasemen sementara yang terdapat pada Kamis (31/7) pagi WIB.

Ajang Commonwealth Games 2014 (ajang olah raga persemakmuran) berlangsung di Glasgow, Skotlandia mulai dari Rabu (23/7) hingga Minggu (3/8) mendatang.

Inggris menempati posisi pertama dengan 38 medali emas, 35 perak, dan 32 perunggu dan total memiliki 105 medali. Tim hoki putri Australia yang kemarin memimpin klasemen grup B, tidak dapat mempertahankan posisi di tempat teratas pada klasemen medali setelah tergeser ke peringkat kedua.

Australia meraih 35 medali emas, 32 medali perak, dan 39 medali perunggu. Sehari sebelumnya negeri Kangguru hanya merebut 34 emas, 31 perak, dan 36 perunggu.

Sementara itu Kanada, Skotlandia, dan Selandia Baru sama sekali tidak bergerak dari posisi masing-masing di urutan ketiga, keempat, dan kelima.

Kemenangan Inggris ditentukan cabang atletik dari Greg Rutherford yang memaksimalkan lompat jauh sehingga dapat medali emas, catatan ini merupakan kelebihan bagi  Rutherford karena dia berpengalaman di ajang multi olah raga ini, yakni saat dia dapat karena dia sudah berpengalaman menggondol medali perak saat Commonwealth Games 2010 yang digelar di New Delhi.

Raihan emas lainnya bagi Inggris dipersembahkan pesenam Max Whitlock dan Claudi Fragapane, dan dari cabang loncat indah sinkronisasi emas dipersembahkan Alicia Blagg,Rebecca Gallantree, dan Jack Laugher.  

Seusai perlombaan, Rutherford mengatakan bahwa sempat tidak yakin dengan cedera yang pernah diderietanya usai Olimpiade 2012 di London.

“Aku tidak yakin dapat melakukan jumping. Tapi sekarang aku sudah berhasil memenangkan gelar lain dan itulah yang itu semua tentang bagi saya,” kata Rutherford.  

"Aku pikir banyak orang telah menulis tentang diriku, kini aku heran dan aku ingin membuktikan bahwa aku bisa melakukannya lagi. Aku sangat senang nantinya bisa  pergi ke Kejuaraan Eropa dalam beberapa minggu (kejuaraan Atletik mulai pada 12 Agustus 2014), dan mencoba untuk melakukannya lagi dan terus melompat jauh,” lanjut Rutherford.

Sementara itu dari salah satu cabang dari atletik, heptathlon (tujuh nomor atletik dalam satu rangkaian lomba), atlet putri Inggris, Jess Taylor meraih medali perunggu, sementara Theisen Eaton memenangkan emas.  

Rutherford sebelumnya memenangkan medali perak pada Kejuaraan Atletik Eropa 2006, dan emas di Olimpiade 2012.  

Sementara itu, kegembiraan tidak dapat disembunyikan lagi bagi warga Grenada, negara kepulauan yang merupakan negara tetangga Trinidad dan Tobago karena atlet mereka Kirani James berhasil mempersembahkan emas yang pertama bagi negara itu pada Commonwealth Games2014 ini.  (glasgow2014.com/bbc.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home