Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:05 WIB | Jumat, 03 Juli 2020

Inggris Tawarkan Kewarganegaran bagi Warga Hong Kong, China Ancam Akan Membalas

Jurnalis meliput pawai menentang UU keamanan nasional pada peringatan penyerahan Hong Kong ke China dari Inggris, di Hong Kong, hari Rabu (1/7). (Foto: Reuters)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-China mengancam mengambil tindakan balasan terhadap Inggris jika mendesak maju dengan rencana untuk memperpanjang hak kewarganegaraan bagi warga Hong Kong, setelah Beijing memberlakukan undang-undang keamanan yang menimbulkan kegelisahan di kota pusat keuangan itu.

Beijing menghadapi gelombang kecaman dari negara-negara Barat terutama atas keputusannya untuk memberlakukan UU baru yang melarang tindakan subversi, pemisahan diri, terorisme dan berkolusi dengan pasukan asing.

Asosiasi Pengacara Hong Kong yang berpengaruh menerbitkan analisis hukum baru yang memperingatkan bahwa kata-kata hukum, yang masih dirahasiakan sampai Selasa (30/6) merusak peradilan independen kota dan meredam kebebasan. Pernyataan itu menambah kekhawatiran.

Inggris mengatakan UU itu melanggar janji sebelum serah terima ke China dengan "Satu Negara, Dua Sistem" untuk memberikan warga kebebasan utama, serta otonomi yudisial dan legislatif, hingga 2047.

Inggris menanggapi dengan rencana untuk mengizinkan jutaan warga Hong Kong dengan status British National Overseas untuk pindah bersama keluarga mereka dan akhirnya mengajukan permohonan kewarganegaraan. "Kami akan memenuhi janji kami untuk mereka," kata Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab, kepada parlemen.

Langkah itu membuat Beijing marah, dan mengatakan Inggris berjanji tidak akan memberikan hak kewarganegaraan penuh kepada warga Hong Kong menjelang penyerahan tahun 1997.

"Jika pihak Inggris melakukan perubahan sepihak terhadap praktik yang relevan, itu akan melanggar posisinya sendiri dan janji serta hukum internasional dan norma-norma dasar yang mengatur hubungan internasional," kata Kedutaan Besar China di London, hari Kamis (2/7). "Kami dengan tegas menentang ini dan berhak untuk mengambil tindakan yang sesuai," tambahnya.

Tawaran Perlindungan dari Australia dan Taiwan

Inggris tidak sendirian dalam mengumumkan rencana untuk menawarkan tempat perlindungan bagi warga Hong Kong atau peningkatan hak imigrasi karena kekhawatiran berlipat ganda atas masa depan kota semi-otonom di bawah UU yang baru.

Pada hari Kamis, pemimpin Australia, Scott Morrison, mengatakan dia "sangat aktif" mempertimbangkan untuk menawarkan tempat berlindung yang aman bagi warga Hong Kong.

Taiwan telah membuka kantor untuk membantu warga Hong Kong yang ingin melarikan diri, sementara RUU yang diusulkan di Amerika Serikat yang menawarkan perlindungan kepada penduduk kota itu telah menerima dukungan luas dua partai.

Beijing mengatakan UU itu diperlukan untuk memadamkan protes pro demokrasi di Hong Kong dan memulihkan ketertiban setelah satu tahun kerusuhan politik. Tetapi para kritikus khawatir itu akan mengantarkan pada era baru penindasan politik mengingat UU yang sama secara rutin digunakan untuk menghancurkan perbedaan pendapat di daratan China.

Kritik Asosiasi Pengacara

UU tersebut telah mengirimkan ketakutan ke seluruh kota dan mengguncang komunitas hukum di pusat bisnis yang telah membangun reputasinya di atas independensi dan keandalan pengadilannya.

Asosiasi Pengacara, yang mewakili pengacara kota, mengeluarkan kritik pedas terhadap UU tersebut, mengatakan bahwa hal itu membongkar firewall hukum yang telah ada antara pengadilan Hong Kong dan pengadilan yang dikontrol Partai Komunis China.

Pelanggaran keamanan nasional baru "ditarik secara luas", kata kelompok itu, dan "berpotensi diterapkan dengan cara yang sewenang-wenang, dan yang secara tidak proporsional mengganggu hak-hak dasar, termasuk kebebasan hati nurani, ekspresi, dan berkumpul".

Asosiasi juga mengkritik "tidak adanya konsultasi yang bermakna" dengan Hong Kong sebelum UU disahkan.

China menepis kekhawatiran asosiasi itu sebagai "tidak berdasar". "Klaim asosiasi pengacara... bahwa hukum tidak dibuat dengan konsultasi yang berarti sama sekali tidak berdasar," kata juru bicara kementerian luar negeri, Zhao Lijian.

Penangkapan Pertama

Ribuan warga menentang larangan protes pada hari Rabu (1/6) dengan peringatan kembalinya Hong Kong ke China. Mereka memblokir jalan dan menyuarakan oposisi terhadap UU tersebut dalam beberapa kerusuhan terburuk dalam beberapa bulan terakhir.

Polisi merespons dengan meriam air, semprotan merica dan gas air mata, menangkap hampir 400 orang. Tujuh petugas terluka, termasuk seorang yang ditikam di bahu dan tiga lainnya ditabrak oleh seorang pengunjuk rasa dengan sepeda motor.

Sepuluh orang ditangkap di bawah UU baru, menggambarkan bagaimana pandangan politik tertentu tiba-tiba menjadi ilegal dalam semalam. Sebagian besar dari mereka yang ditangkap membawa bendera atau selebaran yang mengadvokasi kemerdekaan Hong Kong.

UU keamanan itu kontroversial, karena secara radikal meningkatkan kontrol Beijing atas kota itu. China mengatakan akan memiliki yurisdiksi atas beberapa kasus dan telah memberdayakan agen keamanannya untuk beroperasi secara terbuka di dalam Hong Kong, untuk pertama kalinya, dan tidak dibatasi oleh undang-undang setempat.

China juga mengklaim yurisdiksi global, mengatakan UU tersebut mencakup pelanggaran keamanan nasional yang dilakukan di luar negeri, bahkan oleh orang asing. Beberapa persidangan akan diadakan di balik pintu tertutup dan tanpa juri, sementara polisi setempat telah diberikan wewenang pengawasan yang tidak lagi memerlukan penandatanganan secara hukum. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home