Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 20:37 WIB | Kamis, 16 Mei 2013

Ini Dia, Makanan-makanan Enak Peluruh Lemak

Yoghurt adalah salah satu bahan makanan sehat dengan rasa yang enak. (dok. healthmag)

SATUHARAPAN.COM - Kabar gembira untuk Anda. Kini Anda bisa membakar kalori dan memerangi lemak dengan mengonsumsi makanan yang enak-enak. "Jika Anda pandai memilih makanan dan panduan yang tepat, kita bisa membakar hingga 300 kalori ekstra per hari," kata Pamela Peeke, MD, penulis buku The Hunger Fix.

Gandum dan makanan yang belum diolah bisa menjadi pahlawan Anda dalam memerangi lemak. Karena perlu diketahui, gandum akan membuat metabolisme tubuh Anda bekerja lebih keras dalam mengolah dibandingkan makanan yang sudah diproses. Kerja keras metabolisme tubuh inilah yang akan membuat tubuh Anda menyimpan lebih sedikit lemak.

Simak resep-resep berikut; resep yang mampu membuat kekuatan metabolisme tubuh Anda bekerja dua bahkan tiga kali lipat.

 

Ikan Salmon

Penelitian menunjukkan kandungan Omega 3 dalam ikan salmon dan lemak ikan lainnya membantu merangsang otot yang Anda miliki. Semakin banyak otot yang Anda miliki, maka semakin banyak kalori yang dapat dibakar tubuh Anda. Omega-3 juga dapat membantu mengurangi penyimpanan lemak dengan menurunkan kadar kortisol meski belum diketahui berapa banyak kadar kortisol yang dapat diturunkan.

Cobalah: Dua per tiga ons minyak ikan per minggu.

 

Yogurt 

Makanan yang kaya kalsium memiliki kekuatan super dalam melangsingkan tubuh. Berdasarkan penelitian, semakin sedikit mineral diperoleh tubuh Anda maka kalori akan semakin tersimpan di tubuh Anda sebagai lemak.

Yogurt memiliki lebih dari 50 persen kalsium per ons nya dibandingkan susu. Probiotik yang terkandung di dalamnya juga membantu lemak dalam perut Anda tetap terkendali.

Cobalah: Setidaknya dua gelas yogurt setiap hari.

 

Alpukat 

Untuk mempercepat metabolisme, Anda perlu rutin mengecek darah dan tekanan darah. Tapi hanya dengan mengonsumsi buah alpukat yang memiliki keunikan seperti kandungan asam lemak esensial, lemak tak jenuh tunggal, dan antioksidan, tekanan dan kebersihan darah Anda akan tetap terjaga stabil. Plus, satu buah alpukat seberat 14 gram saja, seratnya mampu membakar habis kalori Anda.

Cobalah: Satu sampai dua alpukat setiap hari.

 

Kacang-kacangan

Kacang kaya akan serat, dan ia memiliki kemampuan memacu a sistem tubuh Anda untuk memakai lebih banyak energi sehingga kalori pun otomatis terbakar.

Penelitian dari Universitas Colorado menunjukkan, jika Anda memilih makanan kaya akan zat penolak pati--yang juga bisa ditemukan dalam semua jenis biji-bijian serta pisang setengah matang--Anda dapat meningkatkan daya pembakaran kalori hingga 24 persen sehari.

Cobalah: Satu porsi kacang-kacangan setiap hari.

 

Paprika 

Paprika punya lebih dari sekadar sensasi. Sinyal pedas paprika menandakan adanya kandungan capsaicin atau senyawa capsiate, yang dapat mendorong tubuh untuk menghanguskan ekstra 50 sampai 100 kalori yang terkandung dalam menu makanan pedas.

Cobalah: Sebanyak paprika yang mampu Anda makan. (Tetapi hati-hati, bahan terpedas seperti Habanero, Scotch bonnet, atau cabai Thailand/India bisa jadi terlalu pedas untuk beberapa orang).

 

Teh Hijau

Teh hijau adalah satu paket kafein dan antioksidan yang dapat disebut juga katekin. Duet dinamis ini diyakini dapat menstimulasi sistem saraf Anda dan meningkatkan pembakaran lemak. Studi menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan menyusutkan lingkar pinggang.

Cobalah: Beberapa cangkir sehari dan tetaplah waspada dengan pengaruh kafein.

Kopi 

Anda dapat mengonsumsi kopi agar tetap dapat membuka mata dan menjaga sistem metabolisme. Kafein dalam satu cangkir setara dengan 15 persen mengembalikan metabolisme. Kafein juga membantu memobilisasi tubuh untuk membakar simpanan lemak.

Cobalah: Satu sampai dua cangkir sehari, terutama sebelum berolahraga.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home