Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 16:08 WIB | Rabu, 11 April 2018

Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Konsumsi Makanan Cepat Saji

Ilustrasi. Menurut penelitian konsumsi makanan cepat saji akan berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh. (Foto: timesnownews.com)

JERMAN, SATUHARAPAN.COM – Mengkonsumsi makanan cepat saji, seperti memberi tubuh Anda infeksi bakteri, menurut penelitian baru tentang bagaimana diet tinggi lemak mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Makanan tinggi lemak dan tinggi kalori menempatkan tikus pada penelitian itu menginduksi peradangan sistemik yang bertahan, bahkan setelah tikus kembali pada diet normal mereka, menurut sebuah studi di jurnal Cell.

Makanan mengandung banyak lemak dan gula dan tidak banyak serat. Ketika seekor tikus memakannya, respons peradangan sistem kekebalannya, sama dengan apa yang akan dilakukannya jika ada infeksi bakteri.

"Diet yang tidak sehat menyebabkan peningkatan tak terduga dalam jumlah sel kekebalan tertentu dalam darah tikus," peneliti Anette Christ mengatakan dalam sebuah pernyataan dari University of Bonn di Jerman.

Meskipun peradangan hilang setelah diet yang tidak sehat digantikan dengan yang lebih baik, perubahan genetik terkait dengan respons imun agresif yang dibawa diet Barat tetap ada.

Tubuh menggunakan semacam "memori" dari pengalaman masa lalunya untuk melindungi dirinya sendiri dengan lebih baik di masa depan, meskipun pengalaman masa lalu itu sering seperti infeksi.

Ketika patogen berbahaya muncul, itu akan membuka memori sistem kekebalan, sehingga pertahanan tubuh dapat menghasilkan respons yang lebih cepat dan lebih efektif.

Penelitian baru ini memperluas konsep ini ke makanan dengan nilai gizi yang buruk.

“Makanan cepat saji menyebabkan tubuh dengan cepat merekrut tentara yang besar dan kuat,”  demikian pernyataan universitas.

Menurut para ilmuwan, memiliki sistem kekebalan yang lebih dirangsang, dapat memiliki konsekuensi terhadap kesehatan seperti diabetes dan masalah jantung.

“Dasar dari pola makan yang sehat perlu menjadi bagian pendidikan yang jauh lebih menonjol daripada saat ini. Dengan cara ini, kita dapat mengimunisasi anak-anak pada tahap awal melawan godaan industri makanan. Anak-anak memiliki pilihan apa yang mereka makan setiap hari.” kata peneliti Eicke Latz dalam pernyataannya. (medicaldaily.com)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home