Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 06:51 WIB | Jumat, 27 Mei 2016

IPB Memenangkan Kompetisi Debat NUDC Kopertis III

Foto bersama empat universitas terbaik dengan Kopertis III dan pihak penyelenggara (Foto: Kaviel Alawy)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gemuruh tepuk tangan para penonton terdengar dari ruang aula saat diumumkannya, Institut Pertanian Bogor memenangkan Kompetisi Debat Bahasa Inggris (National University Debate Competition) tahun ini pada tingkat wilayah Kopertis III.

Pihak Kopertis mengumumkannya setelah hampir dua jam pasca-pertandingan final yang sengit antara IPB, UI, Binus, dan UPH dengan tema “Indonesia harus menghapuskan TAP MPRS XXV/1966” pada hari Kamis (26/5). 

Sebelum IPB, tahun lalu predikat universitas terbaik dalam NUDC Kopertis III dipegang oleh Universitas Indonesia.

NUDC Kopertis III (Jabodetabek dan Banten) adalah debat berbahasa Inggris yang diadakan setiap tahun oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Dikti Kopertis wilayah III. 

Tahun ini Universitas Kristen Indonesia menjadi tuan rumah dalam acara NUDC. Acara dilaksanakan selama tiga hari 24-26 Mei 2016 dengan dibantu oleh teman-teman dari Fakultas Sastra Inggris UKI yang dikoordinasi oleh Dekan Fakultas Sastra Ied Veda Rimrosa Sitepu sebagai Tournament Director.

“Salah satu harapan dari kompetisi ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan menyampaikannya secara logis dan sistematis para mahasiswa” kutipan dari sambutan Ibu Dora selaku Koordinator Kopertis III dalam acara pembukaan pada hari Selasa (24/5).

Kompetisi ini adalah ajang penyaringan kandidat potensial dari seluruh universitas di Indonesia yang nantinya pemenang akan menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang kompetisi debat dunia, World Universities Debating Championship (WUDC 2017) yang akan diadakan di Den Hag, Belanda.

Dari 41 universitas yang ikut serta, 11 universitas terbaik akan melanjutkan perjuangannya di tingkat nasional pada bulan Agustus mendatang sebelum akhirnya mewakilkan Indonesia di WUDC 2017. 11 universitas di antaranya adalah:

1. Institut Pertanian Bogor

2. Universitas Indonesia

3. Universitas Bina Nusantara

4. Universitas Pelita Harapan

5. Universitas Atma Jaya

6. Universitas Media Nusantara

7. Universitas Negeri Jakarta

8. Universitas Agen Tirtayasa

9. Universitas Bakrie

10. Universitas Muhammadiyah

11. Universitas Politeknik LP3I

(kav)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home