Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:45 WIB | Kamis, 21 Mei 2020

Irak Tangkap Pemimpin ISIS, Pengganti Al-Baghdadi

Abdulnasser al-Qirdash disebut sebagai pemimpin ISIS menggantikan Abu Bakar Al-Bghdadi yang tewas Oktober lalu oleh serangan AS.
Abdulnasser Al-Qirdash (kiri) dan Abu Bakar Al-Baghdadi (kanan). (Foto: dok. Ist)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM-Intelejen Irak telah menangkap Abdulnasser al-Qirdash, pemimpin kelompok ISIS yang disebutkan sebagai kandidat favorit untuk menggantikan Abu Bakar al-Baghdadi, menurut beberapa media Irak.

"Hari ini, teroris bernama Abdulnasser al-Qirdash, kandidat untuk menggantikan penjahat al-Baghdadi, ditangkap. (Penampilannya) dilakukan setelah (informasi) intelijen yang akurat,” kata pernyataan dari Badan Intelijen Nasional Irak.

Al-Qirdash adalah salah satu kandidat untuk menggantikan al-Baghdadi, yang dibunuh oleh pasukan Amerika Serikat dalam serangan di kota Idlib, Suriah pada Oktober lalu.

Serangan terbaru yang mengarah pada penangkapan al-Qirdash terjadi sebulan setelah Mustafa al-Kadhimi, mantan kepala intelijen Irak, menjadi perdana menteri negara itu.

Al-Qirdash telah menjabat sebagai ketua komite negosiasi ISIS. Dia juga bekerja dengan organisasi itu sebagai pemimpin selama masa Abu Musab al-Zarqawi. Baru-baru ini, al-Qirdash bertanggung jawab atas pertempuran al-Baghouz di Suriah, sebuah kota kecil di Provinsi Deir ez-Zor ,yang dekat dengan perbatasan dengan Irak dan benteng terakhir ISIS.

Menurut Al Arabiya, al-Qirdash mengkonfirmasi bahwa kepemimpinannya di ISIS atas permintaan al-Baghdadi, mengevaluasi kembali ide-ide kelompok teroris setelah dalam beberapa tahun terakhir mulai kehilangan banyak bentengnya.

"Ada evaluasi ulang besar-besaran dari Negara Islam (atau ISIS) setelah kehilangan wilayah yang luas termasuk Kobani dan banyak daerah lainnya. Kami bertiga, saya sendiri, Omar al-Furkan dan Ayoub Rakawi, yang duduk bersama pimpinan untuk meninjau kembali langkah-langkah kami,” kata al-Qirdash kepada Al Arabiya. (INA/Al Arabiya/Anadolu)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home