Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 19:00 WIB | Jumat, 03 Juli 2015

Irak Usir ISIS dari Kota Kilang Minyak Terbesar

Ilustrasi. Kilang minyak Baiji di Irak utara adalah yang terbesar di negara ini. (Foto: Reuters)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM – Pasukan Irak berhasil mengusir kelompok ISIS dari wilayah utara Kota Baiji Irak dan terus mengusir mereka dari seluruh daerah penghasil minyak terbesar itu dalam beberapa hari mendatang, ujar Juru Bicara milisi Syiah seperti dilansir Al Arabiya, hari Kamis (2/7).

Tahun lalu ISIS mulai menguasai Baiji, sekitar 190 kilometer di utara Kota Baghdad, saat mereka mengalahkan milisi Sunni di Irak. Baiji merupakan kota kilang minyak terbesar di negara tersebut dan terus menjadi perebutan antara ISIS dan Irak. (baca juga: ISIS Serang Kilang Minyak Terbesar Irak)

Jika para pejuang Syiah Hashd Shaabi dan pasukan keamanan Irak bisa mengendalikan kembali Kota Baiji, kondisi tersebut bisa mendorong mereka menguasai kota ISIS lainnya, Mosul.

Ahmed al-Asadi, seorang Juru Bicara Hashd Shaabi (para militer dari Iran), mengatakan, masih ada kelompok-kelompok kecil penyerang di wilayah timur laut dan barat laut dari kota, dan pejuang ISIS mencoba memulai serangan dari Desa Siniya.

"Saya dapat memastikan, lebih dari 90 persen wilayah Baiji telah dibersihkan dan di daerah lainnya akan dibersihkan pada waktu mendatang," kata dia dalam sebuah konferensi pers di Baghdad.

"Musuh memang masih menguasai wilayah kilang, namun bagian pentingnya sudah berada di bawah kendali Hashd dan angkatan bersenjata Irak," ujar dia menjelaskan.

"Setelah kelompok pemberontak tersebut disingkirkan, kilang akan kita kuasai dari semua sisi dan kami akan mengumumkan itu dalam beberapa hari mendatang."

Sudah lebih dari sekali kilang minyak penting itu dikuasai kelompok militan, sejak ISIS meluncurkan serangan pada bulan Juni tahun lalu.

Pejabat di pusat komando daerah militer mengatakan, tangki penyimpanan minyak mentah dan pipa di kilang minyak Baiji telah rusak namun bisa diperbaiki. Sementara itu, tank gas alam dan fasilitas pengolahan, serta pembangkit listrik yang mengalirkan listrik ke kilang masih mengalami kerusakan.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home