Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:24 WIB | Minggu, 19 Juli 2020

Iran Kirim Kotak Hitam Pesawat Ukraina Yang Ditembak Jatuh ke Prancis

Tim penyelamat bekerja di tengah puing-puing setelah pesawat Ukraina yang mengangkut 176 penumpang jatuh di dekat bandar udara Imam Khomeini, Teheran. (Foto: dok. AFP)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM-Iran telah mengirim kotak hitam (black box) pesawat jet penumpang milik Ukraina yang ditembak jatuh dengan rudal oleh pasukannya pada Januari lalu ke Prancis untuk dibaca, kata kantor berita setengah resmi Iran, LNA, mengatakan hari Sabtu (18/7).

Pasukan Iran mengaku secara tidak sengaja menembak jatuh Boeing 737-800, menewaskan semua 176 orang di atas pesawat, setelah mengira itu sebagai rudal yang masuk.

Angkatan bersenjata Iran telah bersiap untuk melakukan serangan balik setelah meluncurkan rudal di pangkalan-pangkalan Amerika Serikat di Irak dalam menanggapi pembunuhan komandan puncaknya, Jenderal Qassim Soleimani, dalam serangan oleh AS awal Januari.

Laporan LNA mengutip Mohsen Baharvand, seorang pembantu menteri luar negeri Iran, yang mengatakan kotak hitam pesawat jet yang jatuh itu diangkut ke Paris pada hari Jumat (17/7), disertai dengan penerbangan sipil dan pejabat pengadilan Iran.

Baharvand juga mengatakan kotak hitam akan dibaca di Paris pada hari Senin (20/7).

Iran telah dalam negosiasi secara intensif dengan Ukraina, Kanada dan negara-negara lain yang memiliki warga di pesawat yang jatuh itu, dan yang menuntut penyelidikan menyeluruh atas insiden tersebut.

Iran awalnya menyalahkan kecelakaan itu pada masalah teknis, tetapi kemudian mengakui menembak jatuh pesawat beberapa hari kemudian. (AP)

Editor : Sabar Subekti

BPK Penabur-Start Up
Zuri Hotel
Back to Home