Loading...
INDONESIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 09:06 WIB | Senin, 20 Oktober 2014

Iriana Kenakan Kebaya Oranye Pilihan Jokowi

Presiden terpilih Joko Widodo (kiri) didampingi Isteri Ny. Iriana (kanan) bersiap menuju Gedung MPR di Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta, Senin (20/10). Presiden terpilih Joko Widodo dan Wapres terpilih Jusuf Kalla dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2014-2019 hari ini Senin (20/10) di Gedung Parlemen. (Foto: Antara/Widodo S. Jusuf)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Iriana, istri  Presiden Terpilih, Joko Widodo, mengenakan kebaya berwarna oranye dengan motif kembang-kembang pada acara pengambilan sumpah suaminya di Gedung MPR/DPR, Jakarta, pagi ini.  Kebaya itu, menurut pengakuannya, merupakan pilihan suaminya.

Hal itu dia sampaikan ketika menjawab pertanyaan wartawan pagi ini (20/10) beberapa saat sebelum berangkat ke Gedung MPR/DPR. Hadir pada saat jumpa pers tersebut, selain Jokowi dan istri, juga putra-putrinya, yaitu Gibran Rakabuming Raka,  Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep.

"Ya, saya yang pilihkan," kata Jokowi, mempertegas jawaban istrinya perihal kebaya itu. Iriana pada kesempatan jumpa pers tersebut tampak ingin menahan diri untuk tidak banyak berbicara kepada media. Berkali-kali wartawan meminta dia untuk menjawab pertanyaan wartawan, tetapi ia menghindar dan berlindung di balik punggung suaminya. Sampai akhirnya, Jokowi menarik tangan istrinya dengan lembut, agar maju lebih dekat kepada wartawan.

Menurut Iriana, kebaya oranya yang dikenakannya dipilih Jokowi karena berwarna cerah. Jokowi kemudian menambahkan, pada awalnya ada empat alternatif kain bakal untuk kebaya istrinya yang disodorkan untuk dia pilih. Ia akhirnya memilih kebaya berwarna oranye tersebut.

Wartawan juga mempertanyakan kenapa keluarga Jokowi tidak mengenakan busana yang sewarna seperti kebisaan banyak pejabat.  Anak sulungnya, Gibran, tampak mengenakan kemeja batik berwarna cokelat gelap, dengan motif kembang melintang. Sedangkan putrinya yang kedua, Kahiyang Ayu,mengenakan atasan berwarna putih. Ada pun putra bungsunya, Kaesang Pangarep, mengenakan kemeja batik berwarna cokelat muda dengan motif yang berbeda dengan putra yang sulung.

Mengenai hal ini, Jokowi mengatakan, ia memang tidak meminta agar keluarganya mengenakan seragam. "Pakai sendiri-sendiri saja, apa yang dimiliki itu yang dipakai," tutur dia.Jokowi sendiri memilih setelan jas berwarna hitam dengan kemeja putih dan dasi merah. Ini mengingatkan orang pada penampilannya pada beberapa kali debat Pilpres, dimana ia juga mengenakan setelan serupa.

Sebelumnya, beberapa disainer memberi saran nyentrik kepada Jokowi perihal busana yang dikenakannya pada upacara inagurasi ini. Ada yang menyarankan agar ia mengenakan kemeja putih lengan panjang yang terlipat, ciri khasnya selama ini. Busana seperti ini menurut para disainer, mencerminkan sosok Jokowi sendiri yang siap untuk bekerja.

Namun ada juga yang mengharapkan Jokowi mengenakan kemeja bermotif etnik, bila perlu mengambil salah satu motif etnik dari Indonesia Timur, khususnya yang memberi nuansa maritim.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home