Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 01:07 WIB | Kamis, 11 Mei 2017

ISI Yogyakarta Gelar Pameran Seni Rupa "Gerak Kebhinekaan"

ISI Yogyakarta Gelar Pameran Seni Rupa "Gerak Kebhinekaan"
Mahasiswa jurusan Kriya Seni ISI Yogyakarta asal Papua melakukan demo pembuatan patung tanah liat pada pameran seni rupa "Gerak Kebhinekaan" di Taman Budaya Yogyakarta, Jalan Sriwedani No 1 Yogyakarta, Rabu (10/5). (Foto-foto: Moh. Jauhar al-Hakimi)
ISI Yogyakarta Gelar Pameran Seni Rupa "Gerak Kebhinekaan"
Rektor ISI Yogyakarta Agus Burhan (baju batik coklat) berbincang dengan beberapa dosen ISI sesaat setelah membuka pameran secara resmi.
ISI Yogyakarta Gelar Pameran Seni Rupa "Gerak Kebhinekaan"
Karya mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual ISI Yogyakarta.

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Bertempat di ruang pamer Taman Budaya Yogyakarta, Rabu (10/5) sore dihelat pembukaan pameran seni rupa "Gerak Kebhinekaan". Pameran yang menjadi rangkaian dies natalis ISI Yogyakarta digelar oleh Fakultas seni Rupa ISI Yogyakarta.

Pameran seni rupa "Gerak Kebhinekaan" menampilkan tugas karya mahasiswa dari jurusan Seni Rupa Murni, Kriya Seni, Desain Interior, Desain Produk, Desain Komunikasi Visual, Tata Kelola Seni, dan Batik Fashion ISI Yogyakarta.

Pameran dengan tema "Gerak Kebhinekaan" menempatkan pluralitas, keberagaman, dan juga bhinneka sebagai sumbu pemantik permasalahan sosial yang berkembang di Indonesia, yang sesungguhnya menjadi sumber bagi lahirnya kekayaan budaya bangsa.

"Pameran ini mengangkat tema yang dimaksudkan untuk bisa mengekspresikan segala bentuk pluralitas dan perdamaian sebagai respon terhadap permasalahan-permasalahan yang sedang terjadi di Indonesia. Diharapkan dengan energi pluralitas dan perdamaiannya yang sebenarnya merupakan sifat inherent yang ada dalam seni itu sendiri diharapkan bisa menampilkan kebhinekaan yang ada pada karya-karya (dalam pameran) ini," kata Agus Burhan Rektor ISI Yogyakarta dalam sambutan pembukaan pameran.

Lebih lanjut Agus Burhan menjelaskan bahwa fenomena tentang krisis saling menghormati dan toleransi terjadi dimana-mana sehingga terlihat kecenderungan lebih mengedepankan kebenaran dan superioritasnya sendiri dibandingkan kebersamaan dan perdamaian yang seharusnya dijaga bersama.

Selain pameran seni rupa "Gerak Kebhinekaan", rangkaian acara Dies Natalis ISI Yogyakarta yang ketiga puluh tiga juga akan menggelar pameran seni rupa di Galeri R.J. Katamsi ISI Yogyakarta, 28 Mei-4 Juni 2017.

Pameran seni rupa "Gerak Kebhinekaan" akan berlangsung dari 10-14 Mei 2017 di ruang pamer Taman Budaya Yogyakarta, Jalan Sriwedani No 1 Yogyakarta.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja

Back to Home