Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 20:22 WIB | Sabtu, 04 Juli 2015

ISIS Klaim Serang Israel dengan Roket

Sebuah foto arsip yang menggambarkan pergerakan ISIS (Foto: Wikimedia/Commons/Arab Media)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM – Afiliasi kelompok ISIS di Mesir mengklaim bertanggung jawab atas serangan roket dari Semenanjung Sinai ke Israel selatan pada Jumat (03/07).

“Tiga roket Grad ditembakkan ke pos Yahudi di wilayah Palestina yang diduduki,” kata kelompok ISIS “Provinsi Sinai” dalam sebuah pernyataan di Twitter, sebagaimana dilaporkan oleh kantor berita AFP.

Seorang juru bicara militer Israel sebelumnya mengatakan dua buah roket yang ditembakkan dari Sinai meledak di dalam teritorial Israel tanpa menimbulkan korban.

The Jerusalem Post melaporkan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, juga mengakui bahwa serangan tersebut berasal dari Semenanjung Sinai.

Kelompok yang berhubungan dengan ISIS tersebut mengatakan penembakan roket itu sebagai balasan atas tuduhan dukungan Israel kepada pasukan bersenjata Mesir pada Rabu (1/7) ketika ekstremis menyerang pos pemeriksaan angkatan darat di Sinai utara.

Militer Mesir mengerahkan pesawat tempur F-16 untuk membombardir pejuang ISIS yang melawan tentara setelah melancarkan serangan fajar.

Serangan itu merupakan salah satu yang terbesar dalam beberapa tahun terakhir yang dilancarkan ISIS menghadapi pihak keamanan Mesir. Dilaporkan belasan orang terbunuh dalam pertempuran beberapa hari itu.

Sebelum ini militan sudah acap kali menembakkan roket dari Sinai ke Israel. Israel menuduh Hamas membantu ISIS di Sinai, namun tuduhan itu dibantah oleh Hamas.

 

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home