Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:46 WIB | Minggu, 24 Januari 2021

ISIS Serang Milisi PMU Irak, 11 Tewas

Sebuah foto menunjukkan tempat kejadian dua bom bunuh diri di jalan komersial yang ramai di jantung kota Baghdad pada Kamis (21/1/2021). (Foto: AFP)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM-Sedikitnya 11 orang anggota milisi Unit Mobilisasi Populer (PMU) Irak yang didukung Iran, yang dikenal sebagai Hashed Al-Shaabi, tewas dalam penyergapan yang dilakukan oleh kelompok teroris ISIS di wilayah utara ibu kota Irak, Baghdad, pada hari Sabtu (23/1), kata sumber keamanan.

Para ekstremis menggunakan senjata ringan dan penutup wajah. Mereka menargetkan milisi PMU di wilayah timur Tikrit, ibu kota Provinsi Salahaddin, Irak. Serangan ini terjadi dua hari setelah dua serangan bunuh diri yang diklaim oleh kelompok ISIS yang menewaskan 32 orang di Baghdad.

“ISIS melancarkan serangan terhadap Brigade 22 Hashed Al-Shaabi,” kata salah satu perwira unit tersebut, Abu Ali Al-Maliki.

Al-Maliki mengatakan bahwa komandan brigade itu termasuk di antara mereka yang tewas, sebelum bala bantuan dari polisi federal datang untuk membantu unit tersebut.

Sumber keamanan PMU menyebutkan total korban tewas 11 orang meninggal dan 10 luka-luka. Belum ada klaim bertanggung jawab yang dikeluarkan, namun sumber keamanan menyalahkan kelompok ISIS.

Sumber-sumber lokal dan Barat telah menyatakan keprihatinan atas kesiapan pasukan keamanan Irak, yang terpuruk oleh penyebaran COVID-19, pertikaian politik, dan korupsi.

Serangan pada pekan ini mungkin lebih menggambarkan akumulasi kekurangan tersebut daripada kembalinya ISIS secara signifikan.

Irak menyatakan kelompok itu secara teritorial dikalahkan pada akhir tahun 2017, tetapi terus memerangi kelompok ekstremis, sebagian besar di daerah pegunungan atau gurun negara itu. (AFP)

Editor : Sabar Subekti

BPK Penabur-Start Up
Zuri Hotel
Back to Home