Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 00:04 WIB | Jumat, 01 November 2019

ISIS Umumkan Pengganti al-Baghdadi

Warga Irak menyaksikan berita kematian pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi, di Najaf. (Foto: Reuters)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - ISIS telah mengkonfirmasi kematian pemimpinnya, Abu Bakar al-Baghdadi, dan sudah menunjuk penggantinya.

Dalam akun ISIS di layanan pesan Telegram pada Kamis (31/10), dikatakan Abu Ibrahim al-Hashemi al-Qurayshi sebagai pemimpin baru dan "khalifah."

Pasukan khusus AS melacak Baghdadi di barat laut Suriah pada akhir pekan kemarin dan menyerang kompleksnya.

Baghdadi melarikan diri ke sebuah terowongan dan bunuh diri dengan rompi bunuh diri.

Baghdadi dinyatakan sebagai pemimpin kelompok ekstremis pada 2014 ketika ISIS mengambil kendali atas sejumlah besar wilayah Irak dan Suriah dan memberlakukan kekuasaannya atas penduduk sipil.

Dalam sebuah pesan audio, ISIS juga mengkonfirmasi kematian juru bicara Abu al-Hasan al-Muhajir - yang tewas dalam operasi gabungan AS-Kurdi yang terpisah pada 27 Oktober. Abu al-Hasan al-Muhajir warga negara Saudi sebelumnya dianggap sebagai pengganti potensial Baghdadi.

Juru bicara ISIS yang baru, Abu Hamza al-Qurayshi juga meminta umat Islam bersumpah setia kepada Abu Ibrahim al-Hashemi.

Sementara itu, AS telah merilis gambar pertama dari serangan yang menargetkan Baghdadi.

Kepala Komando Pusat AS, Jenderal Kenneth McKenzie, mengatakan bangunan yang hancur dibiarkan tampak seperti "tempat parkir dengan lubang besar." (bbc.com)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home