Loading...
RELIGI
Penulis: Endang Saputra 07:55 WIB | Senin, 30 Mei 2016

Islam-Kristen Kompak Gelar MTQ dan Pesparawi di Papua

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVI tingkat Provinsi Papua, sekaligus pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) I Kabupaten Jayapura. (Foto:kemenag.go.id)

JAYAPURA, SATUHARAPAN.COM – Ribuan umat Islam dan Kristen memadati Stadion Barnabas Youwe di Sentani, Jayapura. Mereka berkumpul untuk bersama menyaksikan pembukaan  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVI tingkat Provinsi Papua, sekaligus pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) I Kabupaten Jayapura.

Kedua perhelatan itu dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.  Menurut Menag, pembukaan dua acara keagamaan yang digelar bersamaan merupakan sejarah baru. Selain baru pertama kali di Indonesia, juga karena penyelenggaraan kedua kegiatan ini secara bersamaan juga terkait erat dengan program bersama  mewujudkan kerukunan antarumat bergama, antarsuku, dan antargolong serta antarwarga.

“Ini sejarah baru karena integritas dan kerukunan menjadi satu kebersamaan, dan rakyat Papua teristimewa di Kabupaten Jayapura telah mendeklarasikan diri untuk konsisten menjunjung tinggi nilai-nilai luhur untuk mewujudkan kerukunan,” kata Menag di stadion Sentani, hari Sabtu (28/5).

Terselenggaranya acara keagamaan secara bersama-sama itu sontak mendapat apresiasi dari Menag. Hal itu dinilai sebagai bukti nyata nilai-nilai luhur bangsa telah tertanam dalam jiwa luhur masyarakat yang hidup di daerah paling timur Indonesia.

Menag mengatakan, kerukunan adalah keniscayaan dalam kehidupan bangsa Indonesia yang multikultur, multiagama, dan multi suku. Karenanya, kerukunan merupakan kekuatan sekaligus tantangan dan taruhan besar bagi bangsa Indonesia ke depan.

“Jika kita bisa melewati tantangan tersebut  bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang maju dan besar,” kata dia seperti dikutip dari kemenag.go.id.

MTQ XXVI tingkat Provinsi Papua akan berlangsung dari 28 Mei hingga 2 Juni mendatang. Sedangkan Pesparawi I Kabupaten Jayapura akan berlangsung hingga 6 Juni 2016. Tampak hadir dalam acara keagamaan yang dipadukan dengan pencanangan zona integritas kerukunan umat beragama itu, Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, Bupati Jayapura Matius Awoitau, dan Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Papua Jannus Pangaribuan.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home