Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 09:08 WIB | Selasa, 02 Juni 2015

Isu Beras Plastik Tidak Pengaruhi Harga Beras di Papua

Presiden Jokowi menyapa kerumunan di Kabupaten Sorong. (Foto: Gomar Gultom)

JAYAPURA, SATUHARAPAN.COM – Isu beras plastik tidak mempengaruhi harga beras di Kota Jayapura dan Kabupaten Merauke. “Jadi isu beras plastik ini sama sekali tidak berpengaruh, karena ada gerak turun walaupun tidak signifikan,” kata Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Provinsi Papua Adriana Robana, di Jayapura, Senin (1/6).

Dia mengatakan di Jayapura dan Kabupaten Merauke, justru terjadi penurunan harga beras. Menurut Adriana, belum lama ini dilaksanakan juga panen raya di Kabupaten Merauke dimana beras Bulog setempat ternyata merupakan beras lokal sehingga tidak mendatangkan dari luar daerah.

“Mungkin saja di Papua, beras plastik tersebut tidak masuk, atau bahkan belum masuk tapi tidak ada pengaruh apapun untuk harga di sini,” kata dia.

Dia menjelaskan, bahkan pada Mei 2015, Nilai Tukar Petani (NTP) di Provinsi Papua tercatat mengalami peningkatan sebesar 0,26 persen menjadi 97,07 dibandingkan NTP bulan sebelumnya sebesar 96,81.

“Kenaikan tersebut terjadi akibat naiknya indeks harga diterima petani (It) lebih besar dibandingkan kenaikan indeks harga dibayar petani (Ib)," katanya lagi. Dia menambahkan, NTP merupakan salah satu indikator untuk melihat  kemampuan atau daya beli pertani di pedesaan, yang menunjukkan daya  tukar dari produk pertanian dengan barang dan jasa yang dikonsumsi maupun biaya untuk biaya produksi. (antarapapua.com/papua.bps.go.id).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home