Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta 07:04 WIB | Senin, 01 Juli 2013

Italia Tekuk Uruguay 3-2, Buffon Gemilang.

Italia Tekuk Uruguay 3-2, Buffon Gemilang.
Forlan (Uruguay, kaus biru) tertunduk lesu setelah Uruguay tumbang 2-3 atas Italia (foto: www.subrayado.com.uy)
Italia Tekuk Uruguay 3-2, Buffon Gemilang.
Kegembiraan pemain Italia setelah menang adu penalti melawan Uruguay (foto: www.fifa.com)

SALVADOR, SATUHARAPAN.COM – Gianluigi Buffon, penjaga gawang Italia, menyelamatkan tiga kali tendangan penalti saat Italia mengalahkan Uruguay dengan skor akhir 3-2, seperti yang dikutip dari BBC Sports saat pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Konfederasi 2013.

Davide Astori, gelandang bertahan Italia membuat Italia unggul sementara pada menit ke-25, sebelum sebelas menit babak kedua berjalan, Edinson Cavani menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Alessandro Diamanti kembali membuat Italia unggul 2-1, pada menit ke-72 karena tendangan bebasnya yang melengkung gagal dihadang penjaga gawang Uruguay, Fernando Muslera. Keunggulan Italia tersebut tidak bertahan lama karena Cavani menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Gelandang kiri Italia, Ricardo Montolivo  terkena kartu merah pada menit 85 karena telah dua kali mendapat kartu kuning dari wasit Djamel Haimoudi. Italia sukses bertahan dengan sepuluh pemain walau skor menunjukkan tetap 2-2 hingga adu penalti.

Kecemerlangan Buffon terlihat tatkala memblok tendangan penalti para pemain Uruguay yakni Diego Forlan, Martin Caceres dan Walter Gargano.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Arena Fonte Nova, Salvador dan disaksikan lebih kurang 40.000 penonton tersebut, Italia mencetak gol kemenangan adu penalti lewat Alberto Aquilani, Stephan El Sharawi, dan Emanuel Giaccherini, sementara Mattia De Sciglio tendangannya melebar.

Cesare Prandelli mengakui bahwa ada kelelahan setelah pertandingan semifinal yang melelahkan pada hari Kamis (27/6) saat kalah dari Spanyol, Prandelli juga menyatakan bahwa di babak pertama timnya tidak terlalu memforsir permainan karena stamina menurun.

Menurut analisis BBCSports.co.uk El Sharaawy dan Gilardino seakan kehilangan ketajaman di lini depan pada babak pertama, dan beruntung mereka bisa mencetak gol lewat Astori.

Maxi Pereira dan Luis Suarez yang berduet di lini penyerangan Uruguay berada dalam performa yang lebih baik dari Italia, karena mereka berhasil berkali-kali melancarkan tendangan-tendangan jarak jauh yang langsung mengarah ke Gianluigi Buffon.

 

This time Italy came out on top as Uruguay failed to match the precision of the Spain side that overcame the Azzurri.

Dengan kemenangan ini Italia ada di atas Uruguay, bagi Uruguay mereka gagal menyamai Spanyol yang pada hari Kamis unggul dalam adu penalti melawan Italia.  

Seusai pertandingan Oscar Tabarez, pelatih Uruguay, mengatakan bahwa tidak bisa kita berpacu kepada hasil yang ada di surat kabar yang mengatakan bahwa Italia kelelahan akan mudah diatasi Uruguay.

“Anda tidak bisa baca begitu saja percaya surat kabar, Walau Italia lelah, mereka memainkan pertandingan dengan luar biasa, mereka juga menguasai penguasaan bola dan, kami malah lelah dibuatnya.” ujar Tabarez.

Di sisi lain Cesare Prandelli mengatakan bahwa karakter tim nasional Italia adalah yang terpenting.

“Karakter tim juara ada pada Italia, kami telah menunjukkan semangat dan karakter yang baik, kami masih melalui perjalanan panjang, tetapi kita memang melakukan hal yang baik,” ujar Prandelli.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home