Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 23:58 WIB | Jumat, 21 April 2017

Iwan Wijono Gelar Sedekah Seni nJomblang

Iwan Wijono Gelar Sedekah Seni nJomblang
Ilustrasi poster Sedekah Seni nJomblang di Dusun Kalipucang, Bangunjiwo Kecamatan Kasongan - Bantul, pada 20-24 April 2017. (Foto-foto: Dok. Iwan Wijono)
Iwan Wijono Gelar Sedekah Seni nJomblang
Workshop pembuatan ecobricks memanfaatkan sampah anorganik (plastik) dan botol bekas air mineral, Jumat (21/4).

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Sungai Jomblang yang melintasi Dusun Kalipucang, Bangunjiwo Kecamatan Kasongan - Bantul, pada 20-24 April digelar Sedekah Seni nJomblang yang diinisiasi oleh seniman Iwan Wijono bersama Riverhouse Njomblang & ROP - Ring Of Performance.

Bantaran sungai Jomblang menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan meliputi: program bersih sungai, aksi/pertunjukkan/pameran di Sungai, program pertukaran file, pameran produk seniman, pertunjukkan musik homade instrument, sekaligus dapur umum acara.

Selama dua hari (20-21 April) dilakukan bersih sungai sekaligus display karya serta workshop daur dengan pembuatan ecobricks dilanjutkan lokakarya daur ulang botol kaca bekas pada Sabtu (22/4).

Pembukaan pameran produk seniman dengan perform handmade/homemade instruments, macapatan Minggu (23/4) malam, didahului dengan ritual lepas ikan di sungai Jomblang, ruwatan kali, serta performance art hingga sore hari diselingi presentasi dan diskusi tentang pameran produk seniman.

Pada Senin (24/4) seniman Seiji Shimoda dari Jepang akan memberikan workshop dilanjutkan dengan seni aksi serta screening dan diskusi film dokumenter.

Iwan Wijono adalah salah satu seniman yang sering terlibat dalam dukungan aksi gerakan sosial dalam penyelamatan lingkungan dan ruang hidup. Beberapa waktu lalu Iwan melakukan happening art "Manusia Semen" di halaman DPRD DI Yogyakarta saat memberikan dukungan pada perjuangan petani Kendeng sekaligus aksi keprihatinan atas kesemrawutan tata ruang Kota Yogyakarta.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home