Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:56 WIB | Selasa, 30 Juni 2020

Jaksa Iran: Pesawat Ukraina Jatuh Karena Kesalahan Manusia

Petugas keamanan dan pekerja Bulan Sabit Merah terlihat di lokasi di mana pesawat Ukraine International Airlines jatuh, di pinggiran Teheran, Iran pada 8 Januari 2020. (Foto: dok. Reuters)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM-Jatuhnya pesawat Ukranina akibat penembakan di Teheran, Iran, pada bulan Januari adalah akibat kesalahan manusia dan bukan perintah dari otoritas militer senior.

Hal itu dikatakan jaksa penuntut militer untuk Provinsi Teheran, Gholam Abbas Torki, pada hari Senin (29/6), kata laporan kantor berita setempat, Tasnim.

Tidak ada indikasi bahwa jatuhnya pesawat, yang menewaskan semua orang di dalamnya, 176 orang, adalah karena serangan dunia maya terhadap rudal atau sistem pertahanan udara Iran, kata Torki, .

Dia  menambahkan bahwa tiga orang ditahan terkait dengan kecelakaan itu.

Pesawat Ukraine Internasional Airline dalam penerbangan dari Teheran ke Kiev, jatuh akibat serangan dua peluru kendali. Semula Iran mengatakan itu sebagai kecelakaan, namun kemudian mengakui itu akibat serangan peluru kendali oleh militer Iran.

Ukraina dan beberapa negara di mana warganya menjadi korban serangan itu masih menuntut tanggung jawab Iran terhadap keluarga korban.

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
7 Dasawarsa BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home