Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 20:23 WIB | Kamis, 18 Desember 2014

Jalan MH Thamrin Tanpa Sepeda Motor Tetap Macet

Jalan MH Thamrin Tanpa Sepeda Motor Tetap Macet
Penerapan sistem pelarangan sepeda motor di sepanjang Jalan MH Thamrin sampai dengan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat belum berpengaruh untuk mengatasi kemacetan, seperti yang terlihat di Jalan MH Thamrin pada sore hari ini, Kamis (18/12). Antrian kendaraan roda empat tampak padat melintasi ruas jalan tersebut. (Foto-foto: Dedy Istanto).
Jalan MH Thamrin Tanpa Sepeda Motor Tetap Macet
Kendaraan roda empat terutama bus terlihat mengular panjang dari arah Jalan MH Thamrin menuju arah Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat sejak diterapkan sistem pembatasan bagi sepeda motor pada Rabu (17/12) kemarin.
Jalan MH Thamrin Tanpa Sepeda Motor Tetap Macet
Dua ruas jalur dari arah Blok-M dan juga dari arah Jalan MH Thamrin yang padat merayap dipenuhi dengan kendaraan roda empat yang melintas pasca penerapan pembatasan sepeda motor di Jalan MH Thamrin sampai dengan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.
Jalan MH Thamrin Tanpa Sepeda Motor Tetap Macet
Sejumlah kendaraan roda empat yang melintas dari jalan MH Thamrin menuju Jalan Jenderal Sudirman mengalami kemacetan yang sudah jadi pemandangan biasa.
Jalan MH Thamrin Tanpa Sepeda Motor Tetap Macet
Kendaraan roda empat terutama bus yang melintas di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat tampak padat pasca diterapkannya sistem pembatasan sepeda motor di jalur tersebut pada Rabu (18/12).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Penerapan sistem pembatasan sepeda motor belum berpengaruh besar atasi kemacetan di Jakarta. Jalan MH Thamrin yang menjadi salah satu jalan utama yang tidak boleh dilintasi oleh sepeda motor masih tampak padat merayap dipenuhi dengan kendaraan roda empat, Kamis (18/12).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sejak kemarin, Rabu (17/12),  melaksanakan ujicoba penerapan pelarangan khusus sepeda motor mulai dari Jalan MH Thamrin sampai dengan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat sebagai upaya mengurangi kemacetan lalu lintas Ibu Kota. Uji coba serta sosialisasi yang digelar selama satu bulan tersebut merupakan kerjasama antara Pemprov DKI Jakarta dengan Polda Metro Jaya dengan mengerahkan personil untuk berjaga di setiap titik di mana sepeda motor dilarang untuk melintas.

Belum banyak masyarakat yang mengetahui adanya uji coba tersebut, terlihat dari sejumlah pengendara yang kedapatan melintas masih mengeluhkan adanya pelarangan itu. Tidak sedikit para pengendara merasa keberatan dengan sistem peraturan yang dikeluarkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Bagi para pengendara sepeda motor yang biasanya melenggang melintas di Jalan MH Thamrin untuk kepentingannya, kini harus memutar arah dan mencari jalan alternatif yang disediakan untuk melintas.

Penerapan sistem pembatasan sepeda motor di jalur protokol merupakan bagian dari langkah Pemprov DKI Jakarta untuk mengatasi kemacetan. Namun, diperlukan sosialisasi yang menyeluruh bagi masyarakat, khususnya bagi para pengendara sepeda motor yang belum mengerti jalan di Jakarta.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home