Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:54 WIB | Kamis, 14 Januari 2016

Jalur Cianjur-Cipanas Lumpuh Total Akibat Longsor

Jalur utama Cipanas-Cianjur, Jabar, Rabu (13/1), lumpuh total karena sepenggal badan jalan raya itu yang berada di Kampung Pos, Desa Cibeureum, Kecamatan Cugenang, tertutup longsoran tanah setinggi tiga 3 meter. (Foto: jabar.pojoksatu.id)

CIANJUR, SATUHARAPAN.COM – Jalur utama Cipanas-Cianjur, Jabar, Rabu (13/1), lumpuh total karena sepenggal badan jalan raya itu yang berada di Kampung Pos, Desa Cibeureum, Kecamatan Cugenang, tertutup longsoran tanah setinggi tiga 3 meter.

Akibat longsor tersebut, jalur utama yang menghubungkan wilayah Cianjur dengan Kabupaten Bogor dan seterusnya, tidak dapat dilalui kendaraan dari kedua arah.

Aparat dan dinas terkait di Pemkab Cianjur, tengah berusaha membuka kembali jalur utama tersebut, agar dapat dilalui kendaraan dari kedua arah dengan cara manual sambil menunggu alat berat.

"Saat ini upaya membuka jalur itu kembali tengah dilakukan dengan cara manual bersama anggota kepolisian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan warga sekitar, sambil menunggu alat berat dari Dinas Binamarga Cianjur dan propinsi. Untuk sementara jalur menuju Cipanas dari Cianjur, kita lakukan penutupan," kata Kapolres Cianjur, AKBP Asep Guntur Rahayu di Cianjur, seperti dikutip dari Antarajabar.com

Penutupan jalur tersebut, kata dia, dimulai dari pertigaan Dr Muwardi-By Pass sedangkan dari arah Cipanas, penutupan dilakukan di pertigaan Jalan Raya Cipanas-Balakang.

Kendaraan dengan tujuan Bogor atau sebaliknya menuju Cianjur, diarahkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi sampai proses evakuasi selesai dilakukan.

"Kita targetkan dengan dua alat berat material longsor sudah dapat disingkirkan dan arus lalulintas dapat kembali berjalan normal. Untuk saat ini baru sepeda motor dan pejalan kaki yang baru bisa melintas, karena proses evakuasi masih mengunakan alat seadanya," kata Asep.

Sementara itu, longsor  berawal ketika hujan lebat mengguyur kawasan tersebut disertai angin kencang. Selang beberapa saat tiba-tiba terdengar suara gemuruh dari sisi tebing sebelah kanan, yang runtuh dan menutup landasan jalan utama tersebut.

"Saya hanya mendengar suara gemuruh dan sempat melihat ke arah tebing yang saling berhadapan, tiba-tiba tebing setinggi delapan meter di sebelah kanan longsor dan menutup jalan. Tingginya sekitar tiga  meter dengan material tanah dan batu menutup jalan," kata Teguh, saksi mata.

Hingga malam menjelang alat berat yang telah diminta Polres Cianjur, belum sampai ke lokasi, sehingga tim gabungan masih mengatasi keadaan dengan peralatan seadanya,  agar kendaraan roda dua dan pejalan kaki dapat melintas.

Hindari Jalur Puncak, Jalur Ditutup Total Karena Ada Longsor

Sementara itu, NTMC polri mengimbau kepada para pengendara agar menghindari jalur puncak dan tidak melintas melalui puncak, Rabu (13/1). Seperti yang diberitakan ntmcpolri.info

Saat ini, petugas Kepolisian Satlantas tengah menutup total akses lalulintas Puncak Bogor dari kedua arah. Penutupan jalan dilakukan akibat terjadinya tanah longsor di Cugenang, Kabupaten Cianjur. Timbunan tanah longsor tersebut menutupi jalan dari dua arah dan menyebabkan jalan menuju Cipanas dan sebaliknya menuju Cianjur terputus.

Akibat penutupan jalan tersebut, lajur Puncak mengalami lumpuh total. Imbauan bagi para pengendara, diharapkan memutar balik dan menggunakan jalan lain sesuai pengalihan arus lalulintas yang diberikan petugas kepolisian.

Adapun pengalihan arus lalu lintas kendaraan sebagai berikut, arus lalu lintas kendaraan yang akan menuju Cianjur dan Bandung via Ciawi Bogor, diharapkan melalui jalur Puncak ke arah Sukabumi.

Arus dari exit Gerbang Tol Ciawi pun yang hendak ke Bandung via Jalur Puncak dialihkan via Sukabumi. Pengemudi pun dapat mengambil jalur alternatif Jonggol. Untuk arah Cipanas-Cianjur atau sebaliknya sebaiknya menggunakan jalan Cikalong.

Untuk korban jiwa, sejauh ini belum dapat dipastikan ada tidaknya korban jiwa yang terkena longsoran tanah.

Petugas Kepolisian, akan memutuskan dan menutup total sementara jalur puncak menuju Bandung maupun sebaliknya sampai longsoran tanah telah dibersihkan.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home