Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 14:56 WIB | Rabu, 23 Juli 2014

James Rodriguez: Real Madrid Mimpiku

James Rodriguez saat diperkenalkan kepada pendukung Real Madrid di Stadion Santiago Barnebeu. (Foto: idfootballdesk.com)

MADRID, SATUHARAPAN.COM – Peraih sepatu emas Piala Dunia 2014, James Rodriguez akhirnya resmi bergabung dengan klub sepak bola asal Negeri Matador, Real Madrid, Selasa (22/7). Dalam jumpa pers perkenalannya pada Santiago Barnebeu-stadion kandang Real Madrid-James menyampaikan bahwa klub yang telah menjuarai Liga Champions Eropa sebanyak sepuluh kali ini adalah mimpinya, ia pun mengaku telah mengikuti perkembangan klub ini sejak kecil.

“Saya senantiasa mengikuti perkembang Real Madrid sejak kecil dan selalu bermimpi dapat bermain di klub sepak bola ini,” ucap James seperti dilansir dari theguardian.com.

Akhirnya, James pun bisa mengenakan seragam kebanggaan Real Madrid kala usianya menginjak usia 23 tahun. Pemain yang berhasil menorehkan enam gol di Piala Dunia 2014 ini berjanji tidak akan melupakan pengalamannya saat disambut Santiago Barnebeu sebagai rekrutan anyar, serta berharap mendapat banyak kebahagiaan di klub yang berada di Ibukota Spanyol ini.

“Saya tidak akan melupak pengalaman hari ini. Di Real Madrid, saya berharap dapat bekerja keras, melatih diri dengan baik, dan mendapat banyak kebahagiaan,” kata pemain yang mendapat nomor punggung sepuluh di Real Madrid itu.

Pembelian James dari AS Monaco menjadi transfer termahal ketiga Real Madrid sepanjang sejarah. James yang ditebus senilai 63 juta poundsterling atau sekitar 1,25 triliun rupiah berada pada posisi ketiga di bawah Gareth Bale (86 juta poundsterling, sekitar 1,69 triliun rupiah), dan Cristiano Ronaldo (80 juta poundsterling, sekitar 1,57 triliun rupiah). Bahkan masih dibawah pembelian anyar Barcelona musim ini, Luis Suarez, yang bernilai 75 juta poundsterling atau 1,47 triliun rupiah.

Karier James Rodriguez

James memulai karier profesionalnya bersama salah satu klub sepak bola Kolombia, Envigado sebelum akhirnya memutuskan pindah ke klub Argentina Banfield, kala usianya menginjak 17 tahun.

Penampilan apiknya bersama Banfield menarik perhatian klub asal Portugal, FC Porto. Ia pun bergabung dengan Porto dengan nilai transfer sebesar 4 juta poundsterling (78,5 miliar rupiah) pada tahun 2010. Tiga tahun kemudian, ia bergabung dengan AS Monaco dengan nilai transfer 38.5 juta poundsterling (756 miliar rupiah), usai membantu Porto menjuarai Liga Portugal, tiga kali berturut-turut, dan Liga Eropa 2011.

Pemain yang berbahaya dengan tembakan kaki kirinya ini berhasil mengukir sepuluh gol dalam 38 pertandingan bersama AS Monaco. Ia pun mengantarkan AS Monaco menghuni peringkat kedua pada klasemen akhir Liga Prancis, di bawah Paris Saint Germain.

Monaco sebenarnya tidak ingin menjual james, namun bagi mereka penjualan ini sebagai salah satu transfer yang signifikan dalam sejarah sepak bola dunia.

Monaco pun berterima kasih pada pengabdian James selama satu musim. Berkat pemain Kolombia ini, Monaco berhasil kembali mengikuti Liga Champions Eropa musim depan. Monaco pun berdoa agar James mendapat karir yang terbaik bersama Real Madrid.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home