Google+
Loading...
INSPIRASI
Penulis: Yoel M Indrasmoro 08:24 WIB | Sabtu, 09 Mei 2020

Janganlah Gelisah

Tak Sendiri (Felix Mittermeier [pexels.com])

SATUHARAPAN.COM – ”Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku” (Yoh. 14:1). Demikianlah nasihat Tuhan Yesus kepada para muridnya. Dia tak selamanya menemani. Sang Guru harus pergi.

Menurut Rama Gianto—dalam pemahaman orang pada masa itu—pengalaman paling menyeramkan ialah merasa ”tertinggal” di luar, tak ada yang mengurusi. Dalam keadaan tersebut orang merasa seperti berada di luar pintu gerbang kota pada malam hari, sewaktu-waktu bisa diganggu penyamun atau binatang liar.

Dengan latar inilah Injil Yohanes berbicara mengenai tempat yang paling memberi rasa aman. Tempat itu ialah kediaman Bapa sendiri. Di situ Yang Mahatinggi berkuasa. Tak ada yang dapat mengganggu gugat mereka yang diam di dekat-Nya. Ya, siapa pula yang bisa mengganggu dan menggugat orang-orang pilihan Allah?

Selanjutnya, Yesus berkata, ”Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal.” Artinya, siapa saja boleh dan bisa menemukan ketenteraman dan perlindungan di dekat Yang Mahakuasa. Tidak akan ada lagi yang merasa tertinggal atau ditinggalkan. Pengikut Yesus tak perlu berebut tempat atau merasa was-was tidak kebagian tempat.

Dengan kata lain—menurut William Barclay—di dalam surga ada tempat bagi semua orang. Sebuah pondok duniawi bisa menjadi terlalu padat. Sang pemilik pondok kadang terpaksa menolak para tamu yang hendak menginap.

Tak demikian dengan rumah Bapa. Surga itu luas seperti hati Tuhan sehingga ada tempat bagi setiap manusia. Yesus seakan berkata, ”Janganlah khawatir! Manusia mungkin akan menutup pintu bagimu. Namun, di surga tak seorang pun menghadapi pintu tertutup.”

”Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.” Itu jugalah yang disabdakan Tuhan Yesus kepada kita semua. Kepercayaan kita kepada-Allah, juga di tengah pandemi COVID-19 ini, akan membawa kita merasakan penyertaan-Nya baik di bumi, juga nanti di surga.

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home