Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 11:40 WIB | Rabu, 26 Oktober 2016

Jawaban Jonan Saat Bertemu Paus Fransiskus

Dia mengatakan, memang saat itu istrinya mengeluarkan Rosario untuk diberkati Paus Fransiskus.
Imam Yesuit pertama sekaligus orang Amerika Latin keturunan Italia pertama yang menjadi Paus itu tampak mendoakan Jonan dan istrinya seraya keduanya mendudukan kepala. (Foto: photovat.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Setelah foto Menteri ESDM baru, Ignasius Jonan dengan istrinya  Ratnawati Setiadi bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan, hari Rabu (5/10) lalu beredar di masyarakat Indonesia, Jonan pun mengakui bahwa pertemuan dengan Paus Fransiskus merupakan pertemuan yang luar biasa dalam kesempatan yang langka baginya.  

"Ya luar biasa. Kan kesempatan langka sekali buat saya untuk bisa bersalaman dengan Sri Paus," kata Jonan kepada satuharapan.com, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, hari Rabu (26/10).

Jonan mengatakan, bahwa pertemuannya dengan pemimpin 1,2 miliar umat Katolik di dunia itu dalam Audensi Umum merupakan kunjungan pribadi dengan istrinya selama dua hari sekalian menemui anak-anaknya yang studi di luar negeri.

"Enggak saya pribadi saja. Memang ke Roma dalam rangka sekalian ketemuan (dengan anak-anak)," kata Jonan.

Menanggapi berbagai respons positif masyarakat terhadap foto-foto dia dan istrinya bersama Paus Fransiskus, Jonan mengatakan respons masyarakat tersebut luar biasa.

"Iya, luar biasa," kata dia.

Ketika ditanya apakah ada obrolan atau doa khusus dengan Paus Fransiskus, Jonan sambil tersenyum mengaku tidak ada yang disampaikan secara khusus kepada Paus. Dia mengatakan, memang saat itu istrinya mengeluarkan Rosario untuk diberkati Paus Fransiskus.

"Enggak ada. Oh (soal Rosario) iya kan minta diberkati saja, itu biasa," kata Jonan seraya melebarkan kedua pipinya.

Baca juga: Sebelum Jadi Menteri ESDM, Jonan Temui Paus Fransiskus

Sebelumnya, tepat di hari serah terima jabatan dari Pelaksana Tugas (Plt.) Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan kepada Ignasius Jonan, beredar foto yang menunjukkan Ignasius Jonan bersama istrinya, Ratnawati Jonan bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan, hari Rabu (5/10).

Sebanyak lebih dari 90 foto menampilkan Ignasius Jonan bersama istri di Vatikan itu dipublikasikan oleh situs khusus dokumentasi foto resmi vatikan, photovat.com, mulai dari halaman  27 hingga 29.

Tampak beberapa foto merekam upaya Ignasius Jonan mendekati Paus dari Argentina bernama asli Jorge Mario Bergoglio untuk bersalaman di dalam kesempatan Audiensi Umum di lapangan Basilika Santo Petrus.

Tampak pula Jonan memperkenalkan istrinya untuk bersalaman dengan Paus ke-266 itu. Beberapa foto juga menunjukkan istri Jonan mengeluarkan segenggam Rosario untuk diberkati oleh pemimpin 1,2 miliar umat Katolik di dunia itu.

Imam Yesuit pertama sekaligus orang Amerika Latin keturunan Italia pertama yang menjadi paus itu juga tampak mendoakan Jonan dan istrinya seraya keduanya mendudukan kepala.

Pengguna Facebook bernama Claudia G Irawaty Sim mengatakan, Jonan memang layak mendapat podium dan diberkati karena dinilai sebagai sosok yang lembut dan baik.

“Pak Jonan memang layak mendapat tempat podium dan diberkati...habis lembut dan baik juga ibu Jonan... kami pernah ketemu dan bincang-bindang di Gereja Katedral di Jakarta sempat diajak foto bersama juga,” tulis Claudia, hari Selasa (18/10) mengomentari foto Jonan dan istrinya di Vatikan.

“Tak disangka, sembilan hari kemudian (14/10), beliau dipilih Presiden Jokowi untuk menahkodai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Bapak Arcandra Tahar. Selamat menjalankan tugas Pak Jonan dan Pak Arcandra!” tulis Lumen Ecclesiae pada halaman Facebooknya.

Pada foto lainnya, Dhiaz Octaviandy mengatakan, “Amin buat bapak. Semoga semua kerja nyata. Bapak selalu diberkati dan diberi kelancaran terkhusus hasil kerja yang jujur dan semua buat rakyat. Gusti Yesus berkati lewat berkat dari Bapa Suci di Vatikan. Berkah Dalem.”

Komentar lainnya disampaikan oleh Teresia Ninda, “Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Amin...... Bahagia banget Pak Jonan beserta ibu.”

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home