Loading...
SAINS
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 00:35 WIB | Jumat, 20 Oktober 2017

Jelajah Situs Sangiran dalam Festival Petualang Nusantara VI

Ilustrasi poster "Festival Petualang Nusantara VI-2017" di Bumi Perkemahan Punden Tingkir Sangiran, Desa Krikilan, Kalijambe Sragen Jawa Tengah, pada tgl 27-29 Oktober 2017. (Foto: FPN)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Bertempat di Bumi Perkemahan Punden Tingkir Sangiran, Desa Krikilan, Kalijambe Sragen Jawa Tengah, pada tgl 27-29 Oktober 2017 LareAngon, sebuah event organizer yang bergerak di bidang petualangan, akan menggelar Festival Petualang Nusantara (FPN) VI-2017.

Dalam keterangan yang diterima satuharapan.com, Aji Rachmat, Direktur LareAngon, sekaligus Ketua Penyelenggara FPN VI, Kamis (19/10) menjelaskan FPN digelar dengan tujuan menghadirkan sebanyak mungkin narasumber untuk berbagi ilmu, pengalaman, maupun keahlian, kepada peserta FPN dan juga masyarakat dalam mengelola potensi wisata alam dan jasa lingkungan di sekitarnya.

“Acara ini menjadi satu pertemuan rutin para petualang untuk mendapatkan informasi terbaru, menjadi tambahan wawasan dan pengalaman menarik dari para petualang senior, sehingga kegiatan di alam semakin baik serta aman,” kata Aji Rachmat.

FPN digelar pertama kali di Lereng Merapi, Kinahrejo Sleman DIY tahun 2010. Pada 2011 di Coban Rondo Batu Malang Jawa Timur, tahun 2013 di Baturaden, Purwokerto Jawa Tengah. Terakhir, acara ini digelar di Pantai Nguyahan Gunung Kidul DIY pada 2016.

FPN VI direncanakan akan dihadiri narasumber di antaranya Don Hasman (fotografer) petualang yang pernah menjelajah Puncak Himalaya dan dinobatkan sebagai 100 Famous Photographers In The World di tahun 2000, Rizal Bustami (jurnalis petualang), Teguh Sudarisman (travel writer), Andi Ardi (tyroleans-slackline), Supii Liem (pemandu canyoning), Moh. Anshori (pendaki-dive instructor-videografer), Ronie Ibrahim (Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia-APGI), Andri Ardi (pemandu Canyoning, Tyroleans, Slackliners), Michael Anthony (Pendiri Survival Skils Indonesia), Kusworo Rahadyan (Pendiri dan Penggagas Federasi Orienteering Nasional Indonesia), Dp Arsa DPP AELI (Koordinator Pengembangan Wilayah Indonesia Timur), serta Aji Rachmat (Yayasan Sioux Ular Indonesia).

Dalam FPN VI para petualang akan diajak menyusuri jejak jejak pra-sejarah pada masa Pithecanthropus erectus, Homo soloensis dan berkemah di titik ditemukannya fosil Meganthropus. Sangiran adalah World Herritage C593 yang sudah diakui sebagai warisan dunia, penyumbang lebih dari 50 persen fosil zaman pra-sejarah.

Kegiatan FPN VI meliputi perkemahan besar; bazaar; kampung komunitas menyuguhkan aktifitas komunitas di bidang kegiatan alam bebas untuk berbagi wawasan, kegiatan petualangan pilihan meliputi lomba Fun Orienteering, Sepeda lintas alam Lembah Sangiran, Fun Trekking Lembah Sangiran, Slackline, Para Motor di Lembah Sangiran (tentative); Musik Lembah Sangiran, workshop ( pelatihan video traveling dengan smartphone, Basic Survival skills, Snake handler, Experiential Learning (fasilitator outbound); pemandu gunung, pemandu ngarai (canyoning); arkeologi; kegiatan wisata, dan aksi sosial.

Informasi terkait pendaftaran dan hal-hal menyangkut Festival Petualang Nusantara VI dapat menghubungi LareAngon Indonesia, www.lareangon.co.id, Instagram : @InfoFPN, Twitter @festpetualang, Email: Infofpn@gmail.com. Kontak Retno +6282236217581 / Aji Rachmat 08176800446.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home