Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 13:30 WIB | Kamis, 26 Mei 2016

Jelang KTT G7, Obama Tegaskan Visi Dunia Tanpa Nuklir

Amerika Serikat, Barack Husein Obama (kiri) beberapa saat setelah mereka mengunjungi bangunan kubah tempat meledaknya bom atom di Hiroshima, Jepang, hari Rabu (25/5). (Foto: channelnewsasia.com).

ISE, SATUHARAPAN.COM – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengharapkan negara-negara yang hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi Group of Seven (KTT G7) menciptakan visi dunia tanpa senjata nuklir.

“Seluruh negara yang hadir dalam kesempatan ini (KTT G7) menegaskan kembali visi bersama kita tentang dunia tanpa senjata nuklir,” kata Obama saat Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe mengajak dia mengunjungi bangunan kubah tempat meledaknya bom atom di Hiroshima, Jepang, hari Rabu (25/5), seperti diberitakan Channel News Asia.

Kunjungan tersebut dilaksanakan satu hari sebelum dimulainya KTT G7 yang akan diselenggarakan di kota Ise, Prefektur Mie, Jepang mulai 26 sampai dengan 27 Mei 2016.

“Kunjungan kami ke Hiroshima dalam rangka menghormati semua orang yang hilang dalam Perang Dunia II,” kata Obama pada konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Obama memastikan ketujuh negara akan melakukan kesepakatan bersama dalam berbagai hal, termasuk nuklir yang akan membawa kemajuan dunia dalam beberapa dekade.

Sebelum mendarat di Jepang, Obama telah melaksanakan kunjungan bilateral di Vietnam mulai dari Senin dan Selasa (23-24/5). Di Vietnam Obama mendesak partai komunis untuk menghargai hak asasi manusia dan meninggalkan otoritarianisme.

Dalam kesempatan yang sama, Shinzo Abe mengemukakan pertemuan juga mengagendakan pembahasan penggunaan energi berlebihan sehingga menyebabkan melemahnya ekonomi global. “Ekonomi global akan menjadi tema terbesar untuk KTT G7,” kata Abe.

“Presiden Obama dan saya berbagi pengakuan bahwa G7 harus mencari pertumbuhan yang berkelanjutan dan kuat secara global,” Abe menambahkan.

Selain itu, Abe mengemukakan G7 akan membahas langkah-langkah konkret pencegahan terorisme. Abe melihat pencegahan tersebut penting dengan berkaca kepada pengalaman Eropa, terutama Prancis yang ingin mengatasi masalah ini pasca-serangan di Paris pada November 2015. “Selain itu masalah lain yang dibahas seperti kesejahteraan pengungsi,” kata Abe.

Abe mengemukakan masalah keamanan regional seperti Laut Cina Selatan juga akan dibahas, walau dalam kesempatan tersebut Tiongkok tidak mengirimkan delegasi.

Menurut Channel News Asia, para pemimpin yang akan hadir dalam KTT G7 antara lain, PM Inggris David Cameron, Presiden Prancis Francois Hollande, Kanselir Jerman Angela Merkel, PM Italia Matteo Renzi dan PM Kanada Justin Trudeau. (channelnewsasia.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home