Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 09:53 WIB | Selasa, 30 Juni 2015

Jelang Mudik, Terminal Pulogebang Masih Sepi

Terminal Pulogebang masih tampak sepi pengunjung. (Foto: beritajakarta.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Memasuki dua pekan sebelum Hari Raya Idul Fitri, Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, masih sepi. Belum tampak aktivitas mudik di terminal tersebut. Jumlah armada pun mengalami penurunan yang tajam. Diduga, hal itu terjadi karena gagalnya peresmian Terminal Pulogebang yang sedianya akan dilakukan pada 6 Juni lalu.

Di terminal itu tidak ada calon pemudik maupun bus AKAP. Di jalur pemberangkatan keluar kota, yang terletak di lantai dua, hanya terdapat satu bus AKAP. Sedangkan di jalur pemberangkatan dalam kota, puluhan angkot jenis KWK maupun Koasi, terlihat ngetem di koridornya masing-masing. Di lantai dasar, terdapat dua bus Damri jurusan Pulogebang-Bandara Soekarno Hatta. Loket-loket layanan tiket yang tersedia juga tidak ada aktivitas.

Kasat Pelayanan Operasional UPT Terminal Pulogebang, Umbul Gunawan mengatakan, kegiatan yang terkait dengan penanganan arus mudik lebaran baru dilakukan mulai H-15 hingga H+9, sesuai dengan hasil rapat pimpinan di Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI pada 24 Juni lalu. Kegiatan ini meliputi pelaksanaan pengamanan khusus arus mudik, pengecekan layak tidaknya armada, hingga pemeriksaan kesehatan seluruh awak bus.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan seluruh instansi terkait. Bahkan untuk mematangkan seluruhnya, akan digelar rapat koordinasi. Undangan sedang kita kirimkan ke sejumlah instansi seperti Garnisun, Polsek, Polres, Dinas Perhubungan dan pengurus PO Bus,” ujar Umbul Gunawan Senin (29/6).

Saat ini, kata Umbul, cenderung terjadi penurunan jumlah armada. Jika sebelumnya jumlah armada mencapai 75 unit per hari, kini hanya sekitar 17-20 armada per hari. Namun demikian pihak terminal tetap akan menyiagakan sebanyak 49 personel petugas gabungan dari TNI/Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol PP selama 24 jam untuk mengamankan arus mudik di Terminal Pulogebang. Kawasan Terminal Pulogebang juga dilengkapi dengan sekitar 100 CCTV (circuit close television). (beritajakarta.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home