Loading...
EKONOMI
Penulis: Francisca Christy Rosana 18:10 WIB | Kamis, 27 November 2014

Jelang OPEC, Harga Minyak Terus Turun

Ilustrasi. Harga minyak terus turun menjelang pertemuan negara-negara pengekspor minyak dalam forum OPEC. (Foto: irna.ir)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Harga minyak terus turun menjelang pertemuan negara-negara pengekspor minyak dalam forum OPEC, Kamis (27/11).

Harga minyak mentah acuaan Eropa, Brent turun 0,8 menjadi US $ 77,75 per barel atau sekitar Rp 946.062.

Sementara itu, acuan Amerika Serikat (AS)  pada penutupan Rabu (26/11) turun 40 sen menjadi US $ 73,69 per barel atau sekitar Rp 896.659.

Penurunan itu terjadi setelah Arab Saudi mengindikasi tidak akan mendorong penurunan produksi untuk membantu mendongkrak harga minyak.

Pasar minyak nanti bisa stabil dengan sendirinya menurut Menteri Perminyakan Saudi Ali al-Naimi.

Arab Saudi selama ini dikenal sebagai produsen minyak terbesar dari 12 anggota Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC).

Merosotnya harga minyak ini membuat reaksi anggota-anggota OPEC terbelah dua. Sebagian mendukung pembatasan pasokan, sebagian lagi menolak.

Harga minyak mentah Brent juga telah anjlok 30 persen sejak Juni dipicu oleh kenaikan produksi minyak yang tajam di AS dan melemahnya permintaan global.

Ada spekulasi pada Kamis (27/11) OPEC akan mengumumkan pembatasan produksi minyak pertama sejak 2009 sebagai upaya untuk mendongkrak kembali harga minyak. (bbc.co.uk)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home