Loading...
RELIGI
Penulis: Endang Saputra 07:49 WIB | Senin, 16 Mei 2016

Jelang Ramadan, Santri dan Ansor Ziarahi Makam Ulama

Ratusan santri Pondok Pesantren Salafiyah Parappe bersama GP Ansor Kabupaten Polewali Mandar (Polman) menggelar wisata religi. (Foto: nu.or.id)

POLEWALI MANDAR, SATUHARAPAN.COM – Menjelang datangnya bulan Suci Ramadan, ratusan santri Pondok Pesantren Salafiyah Parappe bersama GP Ansor Kabupaten Polewali Mandar (Polman) menggelar wisata religi ke beberapa makam ulama di Kabupaten Polman, pada hari Minggu (15/5).

Ada empat titik makam ulama yang diziarahi. Pertama makam KH Muhammad As’ad (Puang Daeng) di kompleks masjid Raya Tinambung, selanjutnya KH. DR. Nahrawi di Desa Karama.

Ziarah dilanjutkan ke Desa Pambusuang yakni makam KH Muh Alawi, KH Muh Said, KH Abdullah, KH Muh Hafidz,  KH Abdussalam, dan KH Abdullah Syuaib. Terakhir menziarahi makam KH Muhammad Tahir (Imam Lapeo) di Desa Lapeo.

Kegiatan ini melibatkan seluruh santri, wali santri dan beberapa pengajar PP Salafiyah Parappe, serta GP Ansor dan Banser Polman yang ikut melancarkan kegiatan ini. Ziarah dipimpin langsung Pimpinan PP Salafiyah Parrappe Annagguru KH Abd Latif Busra.

Busra, selaku Ketua GP Ansor Polman menyampaikan bahwa keterlibatan GP Ansor dalam melancarkan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk menjaga tradisi dan mengambil berkah dari para ulama.

“Tradisi ziarah makam para ulama bagi para santri seperti ini telah kami laksanakan sejak beberapa tahun yang lalu, agar para santri dan pemuda bisa meneladani dan tidak melupakan jasa-jasa para ulama kita di tanah mandar,” kata Busra yang merupakan cucu dari Pimpinan PP Salafiyah Parappe.

Kegiatan yang dimulai dari pagi sampai siang ini mendapat pengawalan dari kepolisian setempat dibantu puluhan pasukan Banser.(nu.or.id)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home