Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 14:12 WIB | Selasa, 04 Agustus 2015

Jelang Tujuh Belasan Batang Pohon Pinang Mulai Dijual

Jelang Tujuh Belasan Batang Pohon Pinang Mulai Dijual
Seorang pekerja saat menyerut batang pohon pinang untuk diperjual-belikan sebagai bagian memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) di Jalan Slamet Riyadi, Jakarta Selatan, Selasa (4/8). Kios batang pohon pinang ini adalah milik Mamat, yang sudah menjadi penjual batang pohon pinang musiman menjelang tujuh belasan sejak dari tahun 1980-an. (Foto-foto: Dedy Istanto).
Jelang Tujuh Belasan Batang Pohon Pinang Mulai Dijual
Salah satu keponakan Mamat tampak sibuk menyerut batang pohon pinang yang didatangkan dari Rangkasbitung, Banten sejak Sabtu (1/8) lalu mulai dijual menyambut HUT ke-70 RI.
Jelang Tujuh Belasan Batang Pohon Pinang Mulai Dijual
Berbagai ukuran batang pohon pinang yang didatangkan dari Rangkasbitung, Banten mulai diserut oleh salah satu pekerja di kios milik Mamat untuk dijual sebagai bagian dari media lomba panjat pinang jelang tujuh belasan.
Jelang Tujuh Belasan Batang Pohon Pinang Mulai Dijual
Batang pohon pinang milik Mamat mulai datang sejak Sabtu (1/8) lalu dari Rangkasbitung, Banten, mulai diserut oleh keponakan Mamat, untuk dijual menyambut tujuh belasan.
Jelang Tujuh Belasan Batang Pohon Pinang Mulai Dijual
Harga batang pohon pinang untuk ukuran kecil Rp 500.000 sedangkan ukuran besar Rp 1.500.000, belum termasuk untuk ongkos kirim.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Jelang tujuh belasan penjual batang pohon pinang mulai berdagang. Adalah Mamat, yang mengaku sudah dari tahun1980-an berjualan batang pohon pinang, untuk memeriahkan hari ulang tahun ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI), di kiosnya yang terletak di Jalan Slamet Riyadi, Jakarta Selatan, Selasa (4/8).

Batang pohon pinang baru datang pada hari Sabtu (1/8) dari Rangkasbitung, Banten, sebanyak 80 batang dan langsung mulai diperjual-belikan. "Belum ada pemesanan, baru hanya datang untuk melihat," ujarnya. Harga batang pohon pinang untuk lomba panjat pinang dibandrol Rp 500.000 untuk yang berukuran kecil sedangkan untuk ukuran besar Rp 1.500.000.

Perayaan HUT RI setiap tahunnya selalu dimeriahkan dengan berbagai lomba, salah satunya lomba panjat pinang. Lomba panjat pinang menjadi salah satu lomba yang banyak peminatnya, karena terdapat berbagai ragam hadiah yang digantung pada puncak batang pinang.

Ukuran standar pohon pinang bisa mencapai enam sampai tujuh meter, ditanam pada media tanah dan seluruh batangnya diolesi oli agar licin sehingga sulit untuk dipanjat. 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home