Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 09:08 WIB | Senin, 22 September 2014

Jembatan Comal Rusak, Tarif Bus Naik

Jembatan Comal ambles sejak Juli 2014 lalu menghambat mobilisasi masyarakat sekitar. Foto: Antara)

SEMARANG, SATUHARAPAN.COM – Kerusakan Jembatan Comal Pemalang, Jawa Tengah sejak Juli lalu mengakibatkan tarif bus non-ekonomi naik. Kenaikan tarif bus ini telah disepakati dan dilakukan oleh Organisasi Gabungan Angkutan Darat (Organda) Jawa Tengah untuk menekan kerugian yang dialami akibat waktu tempuh semakin lama.

Ketua Organda Jawa Tengah Karsidi Budi Anggoro pada Senin (22/9) mengatakan bahwa kenaikan harga mau tidak mau harus dilakukan.

“Kenaikan harga ini mau tidak mau harus dilakukan mengingat jam perjalanan yang pada akhirnya semakin lama, misalnya untuk waktu tempuh Semarang – Jakarta yang biasanya cukup satu malam menjadi dua sampai tiga malam,” Karsidi menjelaskan.

Untuk jumlah kenaikannya, pengusaha angkutan umum telah menaikkan harga tiket hingga 50 persen dari harga semula. Kenaikan tarif hanya berlaku untuk bus non-ekonomi.

"Harga tiket tidak berlaku untuk bus ekonomi. Ini tidak masalah bagi pemilik bus yang punya bus ekonomi dan non-ekonomi karena bisa melakukan subsidi silang, tetapi sangat memberatkan bagi pengusaha yang hanya memiliki bus ekonomi," Karsidi menambahkan.

Walaupun kenaikan tarif ini masih lebih rendah dibandingkan dengan kenaikan sewaktu Lebaran Agustus lalu, tetapi kenaikan ini tetap menimbulkan gejolak berbagai pihak.

Karsidi berharap pemerintah memberlakukan pembayaran tambahan untuk penumpang kendaraan umum yang harus memutar lewat jalur selatan karena jembatan rusak untuk meminimalisasi tersendatnya kegiatan operasional kendaraan umum. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home