Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 08:16 WIB | Jumat, 03 Juli 2015

Jepang dan Kamboja Sepakat Garap Infrastruktur Sungai Mekong

Ilustrasi Sungai Mekong yang melintas di wilayah Laos. (Foto: wikipedia.org).

TOKYO, SATUHARAPAN.COM – Menteri Luar Negeri (Menlu) Jepang Fumio Kishida dan Menlu Kamboja Hor Namhong menyepakati pembangunan infrastruktur di Sungai Mekong, Kamboja.

Menurut japantimes.co.jp, Jumat (3/7) Pertemuan kedua kepala negara akan berpuncak pada Sabtu (4/7) dengan pertemuan multilateral para pemimpin negara yang dilintasi di Sungai Mekong – Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand dan Vietnam – dengan  Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe.

Dalam pembicaraan tersebut, Jepang menawarkan asistensi pembangunan infrastruktur Kamboja dan membantu konektivitas antar negara-negara yang dilintasi Sungai Mekong.

Namhong dalam kesempatan yang sama mengemukakan pembangunan akan berkontribusi bagi Kamboja dan negara-negara tetangganya yang juga anggota ASEAN.  “Kami harap ini dapat bermanfaat guna pengembangan Masyarakat Ekonomi ASEAN,” kata Namhong.

Inisiatif Jepang dalam membantu infrastruktur negara-negara Asia Tenggara seperti Laos, Myanmar, dan Vietnam sejalan dengan misi PM Abe yang ingin mencurahkan 110 triliun dolar AS untuk infrastruktur berkualitas di Asia dalam lima tahun mendatang.

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home