Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:24 WIB | Selasa, 20 Oktober 2020

Jepang dan Vietnam Sepakat Kerja Sama Keamanan Hadapi Pengaruh China

Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga (kanan) bersama Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Xuan Phuc, saat upacara penyambutan tamu negara di Istana Kepresidenan, di Hanoi, Vietnam, hari Senin (19/10/2020). (Foto: AP)

HANOI, SATUHARAPAN.COM-Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga, dalam kunjungan luar negeri pertamanya sejak menjabat bulan lalu, setuju dengan mitranya dari Vietnam untuk meningkatkan kerja sama pertahanan dan keamanan dalam menghadapi pengaruh China yang meluas di wilayah tersebut.

Dalam pembicaraan di Hanoi pada hari Senin (19/10), Suga dan Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Xuan Phuc, menetapkan kesepakatan dasar yang memungkinkan Jepang untuk mengekspor peralatan dan teknologi pertahanan ke Vietnam. Jepang mengupayakan pakta semacam itu dalam beberapa tahun terakhir untuk meningkatkan hubungan dengan Asia Tenggara dan mempertahankan industri pertahanannya sendiri.

Suga mengatakan perjalanan empat harinya ke Vietnam dan kemudian Indonesia adalah kunci untuk kerja sama ekonomi dan keamanan multilateral untuk melawan kekuatan China yang tumbuh dan melindungi jalur laut di wilayah sengketa di Laut China Selatan.

Mitra Penting

“Vietnam sangat penting untuk mencapai visi kami tentang Indo-Pasifik yang Bebas dan Terbuka,' dan mitra kami yang berharga,” kata Suga dalam konferensi pers setelah pertemuannya dengan Phuc. “Jepang, sebagai negara Indo-Pasifik, akan terus berkontribusi pada perdamaian dan stabilitas di kawasan ini.”

Suga mengatakan Vietnam, di pusat wilayah tersebut, adalah tujuan paling cocok untuk perjalanan pertamanya ke luar negeri sebagai pemimpin Jepang.

Tak satu pun dari kedua pemimpin itu menyebut nama China dalam konferensi pers mereka. Phuc mengatakan perdamaian dan stabilitas Laut China Selatan harus dilindungi oleh aturan hukum, bukan secara sepihak dengan kekerasan atau ancaman.

“Vietnam menghargai bahwa Jepang, salah satu kekuatan terkemuka dunia, secara aktif berkontribusi dalam upayanya untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan dan di dunia,” kata Phuc.

Jepang sudah memiliki kesepakatan transfer senjata dan peralatan militer dengan Amerika Serikat, Inggris dan Malaysia, dan negara-negara lain. Vietnam adalah mitra ke-12. Dalam pengiriman aktual pertamanya untuk ekspor semacam itu, Jepang pada bulan Agustus mengekspor sistem pengawasan radar ke Filipina.

Rincian kemungkinan penjualan peralatan tidak disebutkan, tetapi Suga menyebut perjanjian itu sebagai "langkah besar" untuk kerja sama pertahanan bilateral, dengan mengatakan dia mengharapkan perkembangan lebih lanjut.

Jepang mencabut sebagian larangan peralatan militer dan transfer teknologi pada tahun 2014 sebagai bagian dari upaya mantan Perdana Menteri Shinzo Abe untuk membangun kemampuan pertahanan Jepang.

Kerja Sama Ekonomi dan Anti Terorisme

Suga dan Phuc menandatangani perjanjian lain untuk kerja sama dalam berbagai bidang ekonomi dan tentang tindakan anti terorisme.

Kedua pihak juga setuju untuk melonggarkan larangan masuk dan memungkinkan kunjungan bisnis jangka pendek serta membuka kembali penerbangan antara Vietnam dan Jepang. Perjalanan semacam itu telah dibatasi dengan sangat ketat karena pandemi, tetapi kedua negara telah berhasil menstabilkan wabah COVID-19.

Suga juga berjanji akan memberikan dukungan bagi pekerja Vietnam di Jepang yang terkena dampak pandemi ekonomi tersebut. Jumlah pekerja Vietnam di Jepang lebih dari setengah dari pekerja asing yang diterima Jepang dalam beberapa tahun terakhir untuk menutupi populasi yang menurun dan menua.

Jepang adalah salah satu mitra dagang teratas Vietnam dalam perdagangan dua arah sebesar US$ 28,6 miliar sepanjang tahun ini. Jepang juga merupakan donor bantuan luar negeri terbesar Vietnam yang memberikan US$ 23 miliar pada tahun 2019 dan menyumbang lebih dari seperempat pinjaman luar negeri Vietnam.

Pemerintah telah mencoba membujuk perusahaan Jepang untuk berinvestasi di Vietnam dan negara-negara Asia Tenggara lainnya untuk menghilangkan ketergantungan negara pada manufaktur dan bisnis lain di China.

Pada bulan Agustus, Vietnam setuju untuk membeli enam kapal patroli penjaga pantai senilai US$ 345 juta dari Jepang. Negara itu berusaha untuk meningkatkan pertahanan maritimnya di tengah pembangunan berkelanjutan China dan militerisasi pulau-pulau buatan di perairan Laut China Selatan yang diperebutkan.

Kemajuan dalam pembicaraan antara Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan China atas sengketa tersebut tampaknya terhenti. Pendahulu Suga, Abe, juga memilih Vietnam sebagai negara pertama yang dia kunjungi setelah menjabat. Suga adalah kepala negara asing pertama yang mengunjungi Vietnam sejak negara itu menutup perbatasannya untuk menahan COVID-19. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home