Google+
Loading...
EKONOMI
Penulis: Dewasasri M Wardani 16:59 WIB | Kamis, 22 Agustus 2019

JFFF Awards 2019: Penghargaan kepada 3 Tokoh Mode di Puncak Acara

 JFFF Awards 2019: Penghargaan kepada 3 Tokoh Mode di Puncak Acara
Penghargaan kategori Fashion Industry & Support dalam JFFF Awards 2019 diberikan kepada Panca Makmun (kanan) sebagai Tokoh Profesi Koreografer yang Diakui dalam Industri Mode, pada Rabu (21/8) malam. (Foto-foto: Dok JFFF 2019)
 JFFF Awards 2019: Penghargaan kepada 3 Tokoh Mode di Puncak Acara
Salah satu rancangan aksesori karya Rinaldy A Yunardi, yang dipergelarkan di malam penutupan rangkaian Fashion Festival, Jakarta fashion and Food Festival 2019, di Jakarta, Rabu (21/8) malam.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Rangkaian program Fashion Festival pada Jakarta Fashion and Food Festtival (JFFF) 2019 memasuki puncak acara dengan persembahan istimewa JFFF Awards pada Rabu, 21 Agustus 2019.

Dalam gelaran JFFF Awards yang berlangsung di Ballroom Harris Hotel & Conventions Kelapa Gading, Jakarta Utara, JFFF memberikan penghargaan Fashion Icon Awards kepada tiga tokoh yang berjasa dalam industri mode Tanah Air, serta menampilkan Pergelaran Fashion Aksesoris karya perancang Rinaldy A Yunardi.

Soegianto Nagaria, Chairman JFFF, mengatakan, “Apresiasi yang tinggi diberikan oleh JFFF setiap tahunnya kepada para tokoh yang memiliki banyak kontribusi dalam memajukan industri mode Tanah Air. Melalui penghargaan Fashion Icon Award kami berharap para tokoh ini dapat menjadi panutan sekaligus inspirasi bagi generasi muda untuk berkarya lebih kreatif." 

"Selain itu, show tunggal malam ini menampilkan fashion aksesoris karya Rinaldy A Yunardi, desainer aksesoris yang karyanya telah mendunia. Namun, hasil karya yang ditampilkan malam ini akan mencerminkan betapa besar rasa cintanya kepada Indonesia, yaitu sebuah semangat nasionalisme yang patut kita banggakan,” Soegianto menambahkan, dalam siaran pers yang diterima Kamis (22/8) pagi.

Fashion Icon Awards

Fashion Icon Awards adalah sebuah bentuk penghargaan yang diberikan JFFF kepada insan mode yang memiliki kontribusi besar bagi kemajuan industri mode Tanah Air. Fashion Icon Awards diberikan berdasarkan tiga kategori, yakni Lifetime Achievement, Fashion Industry & Support, serta Fashion Designer.

Penghargaan kategori Lifetime Achievement diberikan kepada Rahardian Yamin (alm) sebagai Tokoh Pelopor Dunia Permodelan Pria di Indonesia. Penghargaan kategori Fashion Industry & Support diberikan kepada Panca Makmun sebagai Tokoh Profesi Koreografer yang Diakui dalam Industri Mode. Penghargaan kategori Fashion Designer diberikan kepada Adrian Gan sebagai Tokoh Desainer yang Diakui dalam Pengembangan Adi Busana Indonesia.

Ketiga tokoh tersebut terpilih setelah melalui serangkaian diskusi, pertimbangan dan penilaian yang dilakukan oleh sejumlah pakar yang berkecimpung di industri mode Indonesia, yang terdiri atas pemerhati, pelaku, hingga jurnalis mode yang ahli dan kredibel di bidang masing-masing.

Dewan Penilai Fashion Icon Awards 2019 tersebut adalah pendiri Martha Tilaar Group, Martha Tilaar, President Director ESMOD Jakarta Mayadewi, Editor in Chief Harper’s Bazaar Indonesia,  Ria Lirungan, pengamat fashion Samuel Mulia, pengamat fashion Sonny Muchlison, Ketua Ikatan Perancang Mode Indonesia Sjamsidar Isa, Ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia Poppy Dharsono, pengamat fashion Anton Diaz, Perwakilan Cita Tenun Indonesia  Dhanny Dahlan, dan Deputy Chairman JFFF Cut Meutia

Aku, Untukmu Indonesiaby Rinaldy A Yunardi

Pergelaran tunggal Rinaldy A Yunardi, fashion accesories designer kebanggaan Indonesia, menyemarakkan puncak acara, menutup rangkaian acara Fashion Festival  JFFF 2019.   

Indonesia memiliki kekayaan budaya yang tidak terbatas mulai dari keragaman adat istiadat, tari-tarian, bahasa daerah hingga busana dan perhiasan tradisional yang beragam dari berbagai provinsi di Indonesia. Lewat perhiasan tradisional terkandung makna mendalam mengenai perjalanan peradaban Indonesia yang perlu untuk dilestarikan bersama.

“Merupakan kebanggaan bagi saya untuk ikut berpartisipasi dalam rangkaian acara show JFFF Awards dalam rangkaian Fashion Festival JFFF. Ini menjadi show pertama saya dengan keseluruhan koleksi terinspirasi dari budaya Indonesia yang saya aplikasikan ke dalam bentuk aksesoris yang kaya detail dan menjadi ciri khas dari rancangan saya,” katanya. 

Dalam persembahan istimewanya, rancangan aksesoris Rinaldy terinsprirasi dari kekayaan budaya Nusantara. Dengan survei yang mendalam serta mempelajari berbagai literatur, rancangan aksesoris yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia, diwujudkannya dalam bentuk aksesoris bergaya tribal yang lebih modern dan edgy, serta dengan sentuhan khas ala Rinaldy. Menggunakan teknik filigri dan tatah/dodokan, aksesoris yang menampilkan keunikan daerah masing- masing, Rinaldy melengkapinya menjadi 35 koleksi, dengan satu koleksi spesial yang dinamakan “Ibu Pertiwi”. 

Dengan menggunakan bahan logam, ke-35 koleksi aksesoris yang ditampilkan di JFFF Awards didominasi warna emas, silver dan tembaga. Sejumlah Pergelaran aksesoris Rinaldy malam itu didukung Suit and Trousers by Agus Lim, Shoes by Thang Shoes, PAC Beauty Consultant for Rinaldy Yunardi by Donny Liem.

Rangkaian JFFF 2019 sendiri masih berlangsung dengan kehadiran Fashion Village, sebuah bazaar fashion Indonesia berkonsep trade show dari para desainer ternama, desainer muda, hingga UKM, yang berada di lantai dasar Mal Kelapa Gading 3 – 5, hingga 25 Agustus.

Pencinta kuliner juga masih bisa menikmati ragam produk makanan dan minuman lokal dan mancanegara di Wonderful Culinary Expo sampai 1 September, serta menikmati sajian khas Nusantara di Kampoeng Tempo Doeloe sampai 8 September di  La Piazza Summarecon Kelapa Gading

JFFF, Bagian dari Program "Enjoy Jakarta"

Program tahunan Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF), merupakan hasil kerja sama PT Summarecon Agung Tbk bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, melalui Dinas Pariwisata & Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2004. JFFF juga merupakan bagian dari program ‘Enjoy Jakarta’.

Didukung pula oleh Kementerian Pariwisata RI dan Badan Ekonomi Kreatif RI, kehadiran JFFF diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia secara keseluruhan dengan memberi wadah bagi kreativitas anak bangsa, agar produk-produk yang dihasilkan dapat terus berkembang, dapat diterima secara global, dan menjadi tuan rumah di negaranya sendiri.

Rangkaian utama acara Fashion Festival terdiri atas Fashion Show, Fashion Village dan Fashion Competition yaitu Gading Model Search dan Next Young Promising Designer. Sementara itu rangkaian utama dari Food Festival adalah Kampoeng Tempo Doeloe dan Wonderful Culinary Expo. Selain itu Jakarta Brand Festival merupakan program terbaru di JFFF yang bertujuan untuk mendukung akselerasi para UKM di industri mode dan kuliner.

 

 

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home