Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:29 WIB | Rabu, 10 Juni 2020

Jika Israel Aneksasi Tepi Barat, Palestina Deklarasikan Negara Berdasarkan Perbatasan 1967

Perdana menteri Otoritas Palestina, Mohammad Shtayyeh. (Foto: Reuters/JP)

RAMALLAH, SATUHARAPAN.COM-Jika Israel mencaplok bagian dari Tepi Barat pada 1 Juli, Otoritas Palestina akan mendeklarasikan negara Palestina berdasarkan garis gencatan senjata sebelum Perang Enam Hari 1967, dan menyerukan kepada masyarakat internasional untuk mengakuinya, kata Perdana Menteri Otoritas Palestina (PA), Mohammad Shtayyeh, hari Selasa (9/6).

Berbicara kepada anggota pers asing dari kantor perdana menteri di Ramallah, dia juga mengatakan bahwa mengharapkan front internasional untuk menjatuhkan sanksi terhadap Israel jika langkah seperti itu dilakukan.

“Kita sedang menghadapi saat kebenaran: kita tidak bisa hidup di bumi dengan aneksasi ini,” kata dia dikutip The Jerusalem Post. "Jika Israel melakukan aneksasi, itu adalah hari yang berbeda bagi kami... Aneksasi adalah ancaman eksistensial bagi masa depan kami."

Ada empat pilar negara Palestina: Gaza, Yerusalem, Area A, B dan C di Tepi Barat dan Lembah Yordan, kata Shtayyeh. Karena itu, "aneksasi adalah erosi sebuah negara Palestina di masa depan," katanya, "dan dunia harus memilih antara hukum internasional dan aneksasi. Saya yakin komunitas internasional akan memilih hukum internasional.”

Dia menggambarkan pencaplokan memiliki sejumlah dimensi, dan upaya untuk memerangi langkah tersebut dipecah menjadi dua fase. Dimensi aneksasi pertama diambil pada 20 April, ketika Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Perdana Menteri Alternatif, Benny Gantz, menandatangani perjanjian yang menyatakan negara itu memiliki hak untuk mencaplok tanah Tepi Barat.

Perjanjian tersebut didasarkan pada dukungan Amerika Serikat dan rencana perdamaian "Kesepakatan Abad Ini", yang digulirkan oleh Presiden AS, Donald Trump, pada akhir Januari dan memungkinkan Israel untuk mencaplok sekitar 30% dari Tepi Barat.

"Ketika mereka disumpah ke Knesset, mereka mengumumkan bahwa mereka akan mencaploknya, dan pada pertemuan kabinet pertama mereka mengumumkan bahwa mereka akan mencaplok Lembah Jordan," kenangnya.

Proses Legislasi

Dimensi berikutnya diharapkan berlangsung pada 1 Juli, ketika Israel mengatakan akan memulai proses legislatif aneksasi di kabinet dan mungkin di Knesset.

"Di Israel, dulu debat tentang perdamaian dan kamp-kamp pendudukan," katanya. “Kemudian pindah ke status quo dan kamp aneksasi. Dan sekarang perdebatan bukan antara mereka yang ingin mencaplok dan tidak, debat sekarang adalah apa yang harus dicaplok,” katanya.

Dia mengatakan Partai Biru dan Putih ingin mencaplok blok permukiman yang lebih besar dan Netanyahu ingin mencaplok Lembah Jordan.

Shtayyeh menjelaskan, mencatat bahwa bahkan jika Israel memilih hanya untuk melampirkan bagian-bagian yang diasumsikan akan menjadi bagian dari pertukaran lahan di masa depan, PA akan melihatnya dengan cara tidak berbeda. "Semua permukiman Yahudi di wilayah Palestina tidak sah dan ilegal," katanya.

Tahap aneksasi ketiga dan terakhir adalah implementasi. Namun, dia mengatakan bahwa Palestina berharap bahwa Israel tidak mengambil sejauh ini dan karena itu beroperasi dalam dua tahap. "Target langsung kami adalah tidak mengizinkan Israel untuk dianeksasi," tegasnya. "Ini adalah target langsung kami, antara hari ini dan 1 Juli semua upaya kami difokuskan pada titik ini."

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home