Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:42 WIB | Sabtu, 14 November 2020

Joe Biden Presiden Amerika Serikat Berikutnya

Joe Biden Presiden Amerika Serikat Berikutnya
Hasil Penghitungan suara terakhir pada pemilihan Presiden Amerika Serikat di mana Donald Trump tertinggal jauh dari Joe Biden. (Sumber: AP)
Joe Biden Presiden Amerika Serikat Berikutnya
Joe Binden, menurut media AS, telah memenangkan pemilihan presiden AS, hari Sabtu (7/11) . (Foto: dok. Reuters)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden, telah memenangkan Gedung Putih, kata media AS, hari Sabtu (7/11), mengalahkan Donald Trump dan mengakhiri kepresidenannya yang mengguncang politik Amerika. Hal ini mengejutkan dunia dan membuat AS lebih terpecah daripada kapan pun dalam beberapa dekade.

CNN, NBC News dan CBS News menyebut persaingan itu menguntungkan Biden sebelum pukul 11:30 (waktu setempat). Keunggulan yang tidak dapat diatasi di Pennsylvania membawa pria yang berusia 77 tahun itu naik dalam hitungan negara bagian yang menentukan kepresidenan.

Trump tidak segera bereaksi terhadap pengumuman itu, tetapi ketika kepemimpinan Biden tumbuh selama penghitungan suara sejak pemilihan hari Selasa (3/11), presiden dari Partai Republik itu mengecam dengan klaim penipuan yang tidak berdasar, dan mengklaim itu secara salah, bahwa dia telah menang.

Sebelumnya pada hari Sabtu, saat dia menuju ke lapangan golfnya di Virginia, dia mengulangi ini, tweet: "SAYA MENANGKAN PEMILIHAN INI, DENGAN BANYAK!"

Namun, hasil tersebut sekarang memukul balik Trump yang berusia 74 tahun untuk menjadi presiden untuk satu masa jabatan berikutunya, sejak George H. W. Bush pada awal 1990-an.

Orang Tertua

Biden, yang mendapat suara lebih dari 74 juta orang, bergabung dengan pasangannya Kamala Harris, di kota asalnya Wilmington, Delaware. Pada Jumat (6/11) malam dia menyampaikan pidato yang mendesak orang Amerika untuk "bersatu sebagai bangsa dan menyembuhkan."

Dinas Rahasia telah mulai mengintensifkan pelindungnya di sekitar presiden terpilih, yang akan dilantik pada 20 Januari.

Biden adalah seorang sentris yang berjanji untuk membawa ketenangan ke Washington setelah empat tahun yang penuh gejolak di bawah Trump. Biden adalah orang tertua yang memenangkan kursi kepresidenan, posisi yang dua kali dia cari tanpa hasil selama karir politiknya yang panjang, sebelum terpilih sebagai wakil presiden untuk Barack Obama pada tahun 2008.

Kamala Harris, seorang senator dan mantan jaksa agung California, akan mengukir sejarah sebagai perempuan kulit hitam pertama yang memasuki Gedung Putih di salah satu dari dua pekerjaan teratas. Pada usia 56 tahun, ia dipandang sebagai pesaing utama untuk menggantikan Biden dan mencoba menjadi presiden perempuan AS pertama.

AS Terpolarisasi

Jumlah pemilih secara keseluruhan pada hari Selasa memecahkan rekor dengan sekitar 160 juta orang menggunakan hak suara, namun Amerika Serikat setelah kampanye sangat terpolarisasi yang diperumit oleh pandemi COVID-19 yang bangkit kembali.

Biden mengamankan kemenangannya dengan merebut kembali negara bagian Midwestern Pennsylvania, Michigan dan Wisconsin, wilayah tradisional Partai Demokrat yang berbalik ke Trump pada tahun 2016, dengan daya tariknya yang kuat untuk pemilih kulit putih dan kelas pekerja.

Dengan Pennsylvania di dalam kantong, Biden sekarang telah mengumpulkan 273 dari 538 suara Electoral College, melampaui batas 270 suara, sehingga tidak mungkin bagi Trump untuk mendapatkan masa jabatan kedua, bahkan jika dia memenangkan negara bagian yang tidak dideklarasikan yang tersisa.

Biden juga unggul di Arizona, Nevada dan di Georgia, negara bagian selatan yang belum memilih calon presiden dari Partai Demokrat sejak Bill Clinton pada tahun 1992 dan sekarang sedang menuju penghitungan ulang.

Hasil dari pemilihan kongres menunjukkan bahwa Biden akan menghadapi legislatif yang terpecah, dengan Demokrat memegang mayoritas Kongres dan Republik tetap memegang kendali Senat, meskipun itu masih bisa berubah.

Perpecahan di Washington kemungkinan akan memperumit kemampuan Biden untuk memerintah, dimulai dengan perselisihan di Kongres mengenai paket stimulus ekonomi yang tertunda untuk orang Amerika yang terpukul dampak krisis virus corona. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home