Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 07:56 WIB | Sabtu, 14 Juli 2018

Jokowi Akan Umumkan Cawapres Pendampingnya

Presiden meninjau pelaksanaan padat karya di Banyuasin, Sumsel, Jumat (13/7). (Foto: Humas/Dindha Moerti/Setkab)

PALEMBANG, SATUHARAPAN.COM - Ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditanya mengenai Calon Wakil Presiden (cawapres) yang akan mendampingnya, dia menyampaikan kepada semua pihak untuk menunggu saja hingga nanti diumumkan.

“Nanti tunggu saatnya tiba. Bisa parpol, bisa profesional, bisa TNI, Polri, sipil, bisa laki-laki, bisa perempuan,” kata Presiden Jokowi saat meninjau pelaksanaan padat karya di Desa Pangkalan Geblak, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan, Jumat (13/7).

Padat Karya

Sementara itu terkait peninjauan pelaksanaan padat karya dia menilai baik pemanfaatan anggaran yang telah dilaksanakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT).

Pemanfaatan yang telah dilakukan, lanjut Presiden, berupa infrastruktur jalan desa dengan total anggaran sebesar 284 juta rupiah. 

Sebelumnya, Presiden mendapat informasi dari pekerja bahwa gaji yang didapatkan per hari sebesar Rp 95.000.

“Artinya padat karya ini sudah memberikan manfaat ekonomi untuk income-income di masyarakat. Saya lihat juga bagus jambanisasi tadi, membikin jamban-jamban keluarga kurang lebih Rp2 juta per jamban,” tutur Presiden.

Menurut Presiden, jamban yang tadi baru dikerjakan 30 Kepala Keluarga sebanyak 30 jamban. Ia menambahkan bahwa membangun sanitasi baik bagi keluarga dan kesehatan lingkungan di kampung.

“Dana desa ini, menurut saya, kalau kita lihat lebih detail ke bawah, untuk irigasi, untuk jalan desa, untuk jamban-jamban keluarga, untuk Posyandu. Saya kira penggunaannya sangat efektif,” tandas Presiden.

Dalam 4 tahun ini, Presiden sudah kita berikan kurang lebih Rp187 triliun pada desa, pada daerah.

Manfaatnya, menurut Presiden, yang diinginkan Pemerintah yakni perputaran uang di bawah juga semakin banyak. (Setkab)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home