Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 16:32 WIB | Kamis, 12 November 2015

Jokowi Buat Tanah Abang Riuh Bak Stadion Sepak Bola‎

Preiden Republik Indonesia dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull saat mengunjungi Blok A Pasar Tanah Abang, hari Kamis (12/11). (Foto: Martahan Lumban Gaol)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Suasana Blok A Pasar Tanah Abang mendadak riuh bak stadion sepak bola selama sepuluh menit kala Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull, menyambangi bangunan yang terletak di kawasan Jakarta Pusat itu, hari Kamis (12/11).

Tiba sekitar pukul 14.15 WIB, para pengunjung Blok A Pasar Tanah Abang langsung berteriak riuh seperti melihat para pemain sepak bola memasuki lapangan pertandingan. Para pengunjung mengelu-elukan dan menyambut dua sosok kepala negara yang mengaku bersahabat itu dengan tepuk tangan.

"Halo Pak Jokowi!," teriak seorang pengunjung berusaha menyapa Presiden Jokowi.

Perlahan, Jokowi dan Malcolm menuruni tangga sambil melambaikan tangan menyapa para pengunjung Blok A Pasar Tanah Abang.

Malcolm Minta Selfie

Ketika tiba di lantai dasar, mereka berdua menyalami warga yang berbaris di belakang Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Aksi tidak diduga sempat terjadi. Saat melangkahkan kaki di lantai dasar Blok A Pasar Tanah Abang, Malcolm langsung mengeluarkan telepon genggamnya dan mengajak Presiden Jokowi berfoto ‘selfie’. Ratusan masyarakat yang berkerumun di sekeliling mereka pun dipilih untuk menjadi latar belakang foto. Seketika, suasana menjadi lebih gaduh dari sebelumnya.

Antusias warga untuk bersalaman dengan dua kepala negara itu pun kian tidak tertahan. Mereka sempat menyerobot batas yang dibuat oleh Paspampres. Dalam keadaan berdesakan, warga tetap mengikuti ke mana pun Jokowi dan Malcolm berjalan.

Ratusan tangan terangkat ke atas, mengarahkan ponsel berkamera untuk mengabadikan momen kedatangan Jokowi dan Malcolm ke Blok A Pasar Tanah Abang.

Kepanasan

Awal tiba di Blok A Pasar Tanah Abang, kedua kepala negara itu masih menggunakan setelan kemeja dan jas. Keduanya tidak sempat berganti baju setelah sebelumnya mengadakan acara penyambutan dan pertemuan bilateral, di Istana Merdeka.

Namun, suhu yang panas menyebabkan wajah Malcolm tampak merah dan penuh keringat. Ia mengaku kepanasan habis blusukan. Rupanya, Jokowi juga merasakan hal serupa. Di depan para wartawan dan fotografer, Jokowi tiba-tiba membuka jas dan dasinya.

"Ide yang bagus," ujar Malcolm sambil mengikuti Jokowi melepas jas dan dasi.

Keadaan Blok A Pasar Tanah Abang sebelum kedatangan Jokowi-Turnbull sudah cukup ramai. Mengetahui Presiden Jokowi akan datang, massa justru memadati pintu masuk. Hal itu kian membuat pasar tersebut semakin sumpek dan panas.

Kenalkan Tanah Abang

Setelah itu, Jokowi dan Malcolm langsung naik ke lantai 2, kedua kepala negara itu menemui awak media untuk sejenak menyampaikan maksud dan tujuan mereka menyambangi Blok A Pasar Tanah Abang.

Presiden Jokowi menyampaikan ingin mengenalkan Malcolm kepada masyarakat Indonesia, agar masyarakat tahu kedekatan hubungan antara Indonesia dengan Australia. Selanjutnya, menurut dia, Malcom juga harus mengetahui kondisi pasar terbesar di Asia.

“Saya ingin menunjukkan bahwa inilah pasar rakyat. Pasar Tanah Abang adalah pasar yang terbesar di Indonesia, bahkan di Asia,” kata dia.

Sementara Malcolm mengungkapkan kebanggaannya bisa datang ke Indonesia, khususnya Pasar Tanah Abang.

Menurut dia, infrastruktur di Indonesia sudah bagus dan hal ini akan membuat perekonomian kuat sehingga mampu bersaing dengan dunia internasional.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home