Google+
Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Reporter Satuharapan 14:47 WIB | Minggu, 05 Agustus 2018

Jokowi dan Iriana Ikut Pecahkan Rekor Dunia Senam Poco-Poco

Presiden dan Ibu Negara mengikuti senam poco-poco dalam rangka Pemecahan Rekor Dunia “Guinness World Record” di Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (5/8). (Foto: Humas/Agung/Setkab).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana dan Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta istrinya Mufidah mengikuti senam poco-poco dalam rangka Pemecahan Rekor Dunia “Guinness World Record” di Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (5/8).

Presiden dan Wakil Presiden yang mengenakan pakaian senam berwarna merah putih tiba di Silang Monas sekitar pukul 06.15 WIB dan langsung berjalan menuju panggung yang telah disediakan. 

Acara dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Sebelum dilakukan pemecahan rekor dunia poco-poco, Presiden dan seluruh peserta melakukan dua kali gladi resik.

“Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara sekalian, saya hanya ingin mengucapkan selamat berpoco-poco. Semoga kita semuanya sehat, rakyat kita sehat, negara kita kuat. Terima kasih,” kata Presiden Jokowi. 

Tampak hadir dalam acara ini  Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Sosial Idrus Marham, Mensesneg Pratikno, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menpora Imam Nahrawi, Menkes Nila Moeloek, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, para duta besar negara sahabat, dan pengurus OASE.

Dalam laporannya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Iman Nahrawi menyebutkan bahwa senam poco-poco ini diikuti 65.000 peserta, 1.500 instruktur, dan 5.000 panitia pendukung.

Menpora juga menyerahkan penghargaan kepada Arie Sapulette (pencipta lagu poco-poco), Yopie Latul (penyanyi yang mempopulerkan lagu poco-poco), Alm. Els Kaunang Isman (pencetus  Senam Poco-poco Nusantara (SP2N) Piala Ibu Negara), Mamik Sutadji (pakar budaya dan penata gerak pertama terciptanya SP2N), dan Dr. Lily Greta Karmel (founder SP2N yang konsisten mengembangkan dan melestarikan poco-poco). 

Harmoni Indonesia

Kemudian Presiden menghadiri acara Harmoni Indonesia 2018, yang digelar di Plaza Timur Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Minggu (5/8).

Setibanya di lokasi acara, Presiden langsung menyapa anak-anak yang berdiri di depan panggung dan turut serta mengisi acara.

Selain itu, Presiden juga menyapa para pengisi acara yang ada di atas panggung, dan menyalami musikus Addie MS yang menjadi dirijen saat seluruh hadirin mengumandangkan lagu Indonesia Raya.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi berharap Harmoni Indonesia 2018 dapat menguatkan semangat persatuan, kerukunan, dan  kebangsaan bangsa Indonesia.

“Itulah aset terbesar bangsa ini bisa kita berikan, kita semangati semuanya, agar kita sadar, agar kita paham bahwa persatuan, kerukunan, nasionalisme adalah aset terbesar bangsa kita,” ujar Presiden Jokowi.

Sementara terkait penyelenggaraan Asian Games XVIII Tahun 2018 yang tinggal beberapa hari lagi, Presiden Jokowi berharap agar perhelatan besar Asian Games 2018 sukses baik dalam    penyelenggaraan maupun  dalam prestasi atlet-atlet Indonesia yang berlaga di perhelatan tersebut.

Usai memberikan sambutan, Presiden dan para menteri kemudian turun panggung dan menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa, Garuda Pancasila, Rayuan Pulau Kelapa, Bagimu Negeri serta Hari Merdeka di tengah-tengah massa.

Acara Harmoni Indonesia ini diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) untuk menyambut hari kemerdekaan bangsa Indonesia 17 Agustus 2018. (Setkab)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan

Back to Home