Google+
Loading...
INDONESIA
Penulis: Tya Bilanhar 21:08 WIB | Sabtu, 08 Juli 2017

Jokowi dan Trump Saling Puji di Ajang G20

Presiden Joko Widodo dan Presiden AS, Donald Trump, di ajang G20 (Foto: infonawacita.com)

HAMBURG, SATUHARAPAN.COM - Menjelang pertemuan bilateral mereka di sela-sela pertemuan G20 di Hamburg, Jerman, Presiden Joko Widodo dan Presiden AS, Donald Trump, saling melemparkan pujian. 

Donald Trump memuji Indonesia sebagai negara yang dikelola dengan baik dan menurut dia, salah satu bagian dari  terjadinya hal itu adalah kepemimpinan.

Ada pun Jokowi memuji Donald Trump karena telah menjadikan Indonesia sebagai salah satu dari beberapa negara di Asia yang pertama kali dikunjungi oleh pemerintahan Trump melalui kedatangan Wakil Presiden Mike Pence, beberapa waktu lalu.

Berikut ini percakapan Trump dan Jokowi, dikutip dari situs resmi Gedung Putih, hari ini (08/07).

Donald Trump: Terima kasih banyak. Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk bersama Presiden Indonesia, negara yang berjalan sangat baik - dan saya  membayangkan sebagian besar dari itu adalah kepemimpinan. Apakah Anda setuju dengan itu? (Tertawa)

Kita (AS dan Indonesia) telah menjadi teman, dan kita akan melakukan banyak kesepakatan bersama - kesepakatan perdagangan. Kami membawa seluruh delegasi perdagangan di sini, dan kami akan mulai melakukan banyak perdagangan dengan Indonesia. Saat ini kami melakukan bisnis yang sangat sedikit (di Indonesia). Tapi kita akan melakukan banyak bisnis.

Jadi, Tuan Presiden, ini merupakan kehormatan besar untuk bertemu Anda.

Joko Widodo: Terima kasih atas pertemuan ini, Presiden Trump. Pertama dan yang terpenting, saya perlu menyampaikan salam hangat dari jutaan penggemar Anda di Indonesia. (Tertawa)

Donald Trump: terima kasih

Joko Widodo: Mereka hanya tertarik pada satu hal: Kapan mereka bisa menyambut Anda secara pribadi ke Indonesia?

Donald Trump: Kami akan sampai di sana. Kami akan sampai di sana. Ini adalah tempat yang ingin saya kunjungi.

Joko Widodo: Saya bisa mendapat masalah serius jika saya tidak membawa kabar baik untuk jutaan penggemar Anda di Indonesia. (Tertawa)

Kedua, saya ingin menyampaikan penghargaan yang tulus atas kunjungan Wakil Presiden Michael Pence ke Jakarta -

Donald Trump: Benar. Dia ke sana.

Joko Widodo: tiga bulan yang lalu. Kami benar-benar sangat menghargai bahwa pemerintah Anda memilih Indonesia sebagai satu dari empat pemberhentian tur Wakil Presiden Anda di Asia.

Wakil Presiden Pence menggarisbawahi komitmen Amerika Serikat untuk memperkuat kemitraan strategis dengan Indonesia. Dari sudut pandang kami, kunjungannya sangat, sangat sukses. Jadi sekali lagi, terima kasih.

Donald Trump: Terima kasih banyak.

Editor : Eben E. Siadari

Back to Home